UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GARIS BILANGAN

novita alawiah

Abstract


ABSTRAK


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media garis bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model yang digunakan ialah Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Setiap siklus tindakan terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas V SD Negeri Cibunian 01 Bogor tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: (1) untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum dimulai siklus I, digunakan tes kemampuan awal (pretest); (2) untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat digunakan tes pemahaman konsep yang dilakukan pada akhir tiap siklus; dan (3) untuk mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran digunakan lembar observasi keaktifan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari presentase hasil belajar siswa yang pada pra siklus sebesar 45% dengan nilai rata-rata 53, pada siklus I menjadi sebesar 55% dengan nilai rata-rata 59, selanjutnya pada siklus II menjadi sebesar 87,5% dengan nilai rata-rata 70. Begitu pula dengan keaktifan siswa, terdapat peningkatan dengan persentase sebesar 70% pada siklus I, dan meningkat sebesar 77% pada siklus II. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika dan keaktifan siswa dengan menggunakan media garis bilangan di kelas V SD Negeri Cibunian 01 Bogor.

Kata kunci: bilangan bulat, hasil belajar, media garis bilangan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


DIDAKTIKA TAUHIDI Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

P-ISSN : 2442 - 4554  E-ISSN : 2550 - 0252

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Tol Ciawi No 1 Kotak Pos 35 16720

Gedung B Lt. 1-2

 

Currently, DIDAKTIKA TAUHIDI Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar indexed by:

      

 



View My Stats

 

Creative Commons Licence
DIDAKTIKA TAUHIDI Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.