MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

santi susanti

Abstract


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar IPS. Salah satu faktor rendahnya hasil belajar karena pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan populasi peserta didik kelas V SDN Leuwinutug 04. Hipotesis yang digunakan dengan menggunakan independent sample t-test dengan nilai sig 0,000<0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, kesimpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran kolaboratif berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Leuwinutug 04.

Kata kunci: hasil belajar, IPS, pembelajaran kolaboratif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


DIDAKTIKA TAUHIDI Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

P-ISSN : 2442 - 4554  E-ISSN : 2550 - 0252

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Tol Ciawi No 1 Kotak Pos 35 16720

Gedung B Lt. 1-2

 

Currently, DIDAKTIKA TAUHIDI Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar indexed by:

      

 



View My Stats

 

Creative Commons Licence
DIDAKTIKA TAUHIDI Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.