BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Main Article Content

Irfan Supriatna
Nanda Dwi Yuliawati
Willis Firmansyah

Abstract

Banyak siswa masih menganggap mata pelajaran matematika sulit dan menjenuhkan, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika dengan objek penelitian dibatasi hanya terhadap bimbingan belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh hasil belajar matematika dengan melihat nilai ujian akhir semester matematika di kelas VI. Penelitian menggunakan teknik sampling, populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VI A dan VI B sebanyak 47 siswa, dan menggunakan sampel dari semua populasi. Instrumen diuji menggunakan uji validitas menggunakan rumus Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach diperoleh indeks sebesar 0,702. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y = 36,862 + 0,541X yang berarti peningkatan bimbingan belajar akan diikuti dengan peningkatan hasil belajar matematika, dan memiliki nilai R Square 0,571 atau 57,1% dan 42,9% ditentukan oleh faktor lain.

Kata Kunci: bimbingan, hasil belajar, matematika.

 

 

TUTORING ON MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES


ABSTRACT

Many students still consider mathematics difficult and tedious, thus effect on the learning outcomes of mathematics. This study aims to determine the influence of tutoring on mathematics learning outcomes with the object of study limited only to the tutoring as independent variable and mathematics learning outcomes as dependent variable. The methods used are observation, interview, questionnaire and documentation. Documentation is used to obtain the learning outcomes of mathematics by looking at the final grades of mathematics in the sixth grade. The research used sampling technique, population in the study were students of grade VI A and VI B as many as 47 students, and using samples from all populations. Instruments tested using validity test using Product Moment formula and reliability test using Alpha Cronbach obtained index of 0.702. The data obtained were analyzed using simple regression analysis. The regression equation obtained is Y = 36,862 + 0,541X which means the improvement of tutoring will be followed by the increase of mathematics learning outcomes, and has R Square 0,571 or 57,1% and 42,9% determined by other factors.

Article Details

How to Cite
Supriatna, I., Yuliawati, N. D., & Firmansyah, W. (2017). BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. idaktika auhidi: urnal endidikan uru ekolah asar, 4(1). https://doi.org/10.30997/dt.v4i1.821
Section
Articles
Author Biographies

Irfan Supriatna, Universitas Djuanda

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Nanda Dwi Yuliawati, Universitas Djuanda

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Willis Firmansyah, Universitas Djuanda

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Arikunto S. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Edisi Pertama. Rineka Cipta, Jakarta.
Emzir. 2009. Metodologi penelitian pendidikan, kuantitatif, dan kualitatif. Grafindo Persada, Jakarta.
Juantika A. 2011. Bimbingan dan konseling dalam berbagai latar kehidupan. Edisi Pertama. Refika Aditama, Bandung.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta, Jakarta.
Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan. Edisi Ketiga. Alfabeta, Bandung.
Supardi. 2014. Aplikasi statistika dalam penelitian. Edisi Pertama. Ufuk Semesta, Jakarta.
Yuni I. 2006. Layanan bimbingan belajar untuk SD. Jurnal Pendidikan FIP UNY Volume 03 Nomor 03: 22-32.
Yusuf S dan NA Juantika. 2011. Landasan bimbingan konseling. Edisi Pertama. Remaja Rosda Karya, Bandung.