METODE SOSIODRAMA BERPENGARUH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Fibrina Agnia

Abstract


ABSTRAK


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas III SDN 03 Klapanunggal pada mata pelajaran IPS. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 03 Klapanunggal terdiri dari 70 siswa, 36 siswa untuk kelas kontrol dan 34 siswa untuk kelas eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Berdasarkan hasil analisis data pada uji hipotesis statistik dan independent t-test keduanya menunjukkan nilai signifikan yang sama yaitu 0,00 ≤ 0,05 yang berarti bahwa kelas eksperimen dengan penggunaan metode sosiodrama memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar IPS dibandingkan dengan kelas kontrol. Adanya metode sosiodrama yang menyenangkan akan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPS. Motivasi belajar pada kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol.

Kata kunci: IPS, metode sosiodrama, motivasi belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


DIDAKTIKA TAUHIDI Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

P-ISSN : 2442 - 4554  E-ISSN : 2550 - 0252

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Tol Ciawi No 1 Kotak Pos 35 16720

Gedung B Lt. 1-2

 

Currently, DIDAKTIKA TAUHIDI Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar indexed by:

      

 



View My Stats

 

Creative Commons Licence
DIDAKTIKA TAUHIDI Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.