MODEL PERMAINAN TARGET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOORDINASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS

Main Article Content

Adi Sumarsono
Syamsudin Syamsudin
Agus Kichi Hermansyah
Iswahyuni Iswahyuni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memfasilitasi teori perkembangan dan pertumbuhan anak sesuai dengan umur dan fisiknya. Dasar dari penelitian ini adalah kebutuhan guru pendidikan jasmani untuk mendapatkan sumber referensi dalam meningkatkan unsur biomotor koordinasi siswa Sekolah Dasar kelas atas. Prosedur pengembangan dan penelitian ini mengadaptasi langkah-langkah pengembangan pendidikan yang dikembangkan oleh Dick & Lou Carey. Langkah pengembangan pada penelitian ini terdiri tujuh langkah, yaitu studi pendahuluan, pembuatan draf awal, validasi ahli, uji coba, validasi dan revisi selanjutnya pembuatan produk final. Instrumen dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan penyebaran angket. Adapun efektifitas produk dalam penelitian ini menggunakan acuan efektivitas dari penggunaan produk dan kesesuaian model serta tujuan pengembangan. Hasil penelitian pada hasil observasi dari masing-masing permainan mendapatkan rerata skor dalam kategori “baik”. Guru sebagai pengguna produk di rerata “baik” serta menurut siswa sebagai pelaku model masuk dalam kategori “sangat baik”. Produk yang telah dihasilkan disimpan dalam bentuk VCD. Dalam satu paket VCD didalamnya terdapat model permainan serta susunan kegiatan, peralatan serta peraturan permainan yang disesuaikan dengan kebutuhan guru pendidikan jasmani sekolah dasar kelas atas.

Kata kunci: koordinasi siswa, permainan target.

 

TARGET GAME MODEL TO INCREASE THE COORDINATION ABILITY AT ELEMENTARY SCHOOL STUDENT

Abstract

This study aims to facilitate the theory of the development and growth of children according to their age and physical. The basis of this study is the need for physical education teachers to obtain reference sources in improving the biomotor elements of coordination of upper class elementary school students. This development procedure and research adapts the steps of educational development developed by Dick & Lou Carey. The development step in this study consisted of seven steps, namely preliminary study, initial drafting, expert validation, trial, validation and subsequent revision of the final product. Instruments in data collection using observation and questionnaire distribution. The effectiveness of the product in this study uses a reference to the effectiveness of product use and suitability of the model and development objectives. The results of this study based on the observations of each game, the average score was in the "good" category. Teachers as product users are on average "good" and according to students as actors the model is in the "very good" category. Products that have been produced are stored in VCD. In one VCD package there is a game model and the composition of activities, equipment and rules of the game that are tailored to the needs of upper class elementary school physical education teachers.

Article Details

How to Cite
Sumarsono, A., Syamsudin, S., Hermansyah, A. K., & Iswahyuni, I. (2018). MODEL PERMAINAN TARGET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOORDINASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 135–150. https://doi.org/10.30997/dt.v5i2.1305
Section
Articles

References

Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodezation: teory and methodology of training (5thed). USA: Human Kinetics.

Cristohper, & Ludy. (2009). Psychology Gets in the Game: sport, mind, and behavior. Londan: Nesbraka.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction. Boston: MA:Allyn and Bacon.

Gani, R. A. (2016). Implementasi Pembelajaran Keterampilan Gerak dalam Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan. Seminar Nasional Keolahragaan Refleksi prestasi dan Budaya Olahraga dalam perspektif Ilmu Keolahragaan yang Inovatif (hal. 401). Yogyakarta: UNY Press.

Husdarta, & Kumaedi. (2012). Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Irianto, D. P. (2005). Pedoman praktis berolahraga untuk kebugaran dan kesehatan . Yogyakarta: Andi Offset.

Mumpuniarti. (2003). Penanganan anak tuna grahita (kajian dari segi pendidikan, social-psikologis dan tindak lanjut usia dewasa. Yogyakarta: FIP UNY Press.

Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajran Motorik Deskripsi dan Tunjauan Kritis. Bandung: Nusa Media.

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukadiyanto. (2006). Peranan latihan visualisasi dalam permainan tenis. Jurnal Olahraga Majalah Ilmiah, 14.

Sukadiyanto, & Muluk, D. (2010). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Bandung: CV. Lubuk Agung.

Sukardjo. (2005). Evaluasi pembelajaran semester 2. Yogyakarta: PPs UNY.

Sumarsono, A. (2015). Pengembangan Model permainan Pengenalan Hoki sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Siswa Sekolah Dasar kelas Atas . Yogyakarta: Thesis PPS UNY.

Sumarsono, A. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Atletik Melalui Permainan Berbasis Alam. Jurnal Magistra, 71.

Sumarsono, A. (2017). Perbedaan Kebugaran Kardiorespirasi Mahasiswa Jurusan Penjaskesrek Tahun 2013 Dan Tahun 2016 Universitas Musamus. Jurnal Magistra, 4(1): 16.

Sumarsono, A., Santo, Z., & Hidayat, A. K. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Melalui Permainan Berbasis Alam pada Sekolah Dasar Daerah Perbatasan RI-PNG. Seminar Nasional Kependidikan Inovasi pendidikan dan pembelajaran dalam rangka percepatan pembangunan didaerah pinggiran (hal. 28). Merauke: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus Merauke.

Yudanto. (2005). Pengembangan gerak dasar lari dan lompat melalui pendekatan bermain di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1): 72.