PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN PESAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ICE CREAM WALLS CORNETTO DISC CHOCOLATE DI KOTA BOGOR

Authors

  • Abdul Zaelani universitas Djuanda Bogor, Fakultas Ekonomi
  • Lucky Hikmat Maulana Universitas Djuanda Bogor, Fakultas Ekonomi

DOI:

https://doi.org/10.30997/jvs.v3i2.974

Abstract

The purpose of the research is to determine effect celebrity endorser and advertising messages to purchase decision ice cream walls cornetto disc chocolate in Bogor City. Questioner distributed 100 konsuments. The method used is descriptive analysis and verification. The questioner validity and reliability testing. Likert scale used prior to testing with multiple regressions. In order to know the effect of four free variable that is used for dependent variable.
Based on the result all indicators expressed validity and reliability, simultaneously with celebrity endorser (X1) and advertising messages (X2) influencing the purchase decision ice cream walls cornetto disc chocolate in Bogor City (Y). Partially, celebrity endorser and advertising messages influencing positive to purchase decision ice cream walls cornetto disc chocolate in Bogor City.
Keywords: Celebrity Endorser, advertising messages and purchase decision

References

Alifahmi, Hifni, 2005. Sinergi Komunikasi Pemasaran, Integrasi Iklan, Public Relation dan Promosi. Quantum Bisnis dan Manajemen : Jakarta.
Alma, Buchori, 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta: Bandung.
Appley, A dan Lawrence Lee , 2010. Pengantar Manajemen. Salemba Empat : Jakarta.
Ardiyanto, Yuri, 2013, Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Association terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clean Men, Manajemen : Universitas Negeri Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi, 2002. Metodologi Penelitian. Rineka Cipta : Bandung.
Assauri, Sofjan,2013.Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.
Badan Pusat Statistik ISSN:0215.59.31,Kota Bogor dalam Angka 2016, Badan Pusat Statistik Kota Bogor,Bogor.http://bogorkota.bps.go.id. , diakses tanggal 13 Maret 2017.
Basu Swastha, 1997.Manajemen Penjualan. Edisi Tiga. BPFE : Yogyakarta.
Deighton, Jhon, Caroline M.Henderson and Scott A Neslin, 1994, The Effect of
Advertising on Brand Switching and Repeat Purchasing, Journal of Marketing Research, Vol. 31.
Harris, Asriyadi, 2011, Pengaruh Sutitusi Ubi Jalar dengan Susu Skim Terhadap Pembuatan Es Krim, Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian : Universitas Hasanuddin Makasar. http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/1406/PENGARUH%20SUBTITUSI%20UBI%20JALAR%20DENGAN%20SUSU%20SKIM%20TERHADAP%20PEMBUATAN%20ES%20KRIM.pdf . Diakses pada 09 Maret 2017.
Hariyono, Budi, 2016, Jumlah Penduduk di Kota Bogor Membengkak, Badan Pusat Statistik Kota Bogor, Tahun 2016. http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/16/03/06/o3mlmc282-jumlah-penduduk-di-kota-bogor-membengkak. Diakses pada 09 Desember 2016.
Howkins, Del I, Roger J. Best dan Kenneth A. Coney, 1998, Costumer Behaviour : Building Marketing Stategy, 7th ed. Mc Graw Hill: Boston. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=23041&val=1303.Diakses pada 01 Agustus 2017.
Kalsum, U, 2012, Kualitas Organoleptik dan Kecepatan Meleleh Es Krim dengan Penambahan Tepung Porang sebagai Bahan Penstabil, Skripsi, Universitas Hasanuddin, Makasar. http://fapet.ub.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Penambahan-Tepung-Porang-Amorphophallus-Oncophillus-Pada-Es-Krim-Yoghurt-Ditinjau-dari-Sifat-Fisik-dan-Total-bakteri-Asam-Laktat1.pdf. Diakses pada 09 Maret 2017.
Khatri, Puja, 2006. Celebrity Endorsement : A Stategic Promotion Perspective. Indiana Media Studies Journal, 1(1), Hal 25-37.
Kotler, Philip dan Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga : Jakarta.
2010. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi 13. Erlangga : Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Erlangga : Jakarta.
Kusumowardhani, Putri Yuliandari, 2012, Pengaruh Celebrity Endorser dan Kredibilitas Perusahaan terhadap Keputusan menonton Konsumen. Ilmu Komunikasi : Universitas Indonesia Jakarta.
Lamb Jr, Hair Jr, Mc Daniel, 2001. Pemasaran. Edisi Pertama. Diterjemahkan oleh David Octaveria. Salemba Empat : Jakarta.
Lee, Monle. dan Carla Johnson, 2007. Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Edisi 1. Kencana Prenada Media Group : Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat, 2006.Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat : Jakarta.
Mariyanti, luh Dwi dan Gede Bayu Rahanantha, 2015, Pengaruh Celebrity Endorser dan Pesan Iklan di Televisi terhadap Keputusan Pembelian pada Es Krim Walls Magnum Belgium Chocolate.Jurnal Ekonomi. Universitas Udayana Bali.
Monle, Johnson, 2007. Prinsip prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Edisi pertama, Penerbit Kencana Prenada Media Grup Jakarta.
Muktamar, Muhamad Kamal, 2014, Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Wimcycle Agent Series, Administrasi Bisnis: Universitas Telkom Bandung.
Murti, Baskoro Ndaru, 2014, Analisis Pengaruh Iklan dan Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek dalam Meningkatkan Minat Beli pada Produk Sepatu Olahraga Adidas. Fakutas Ekonomika dan Bisnis: Universitas Diponegoro Semarang.
Narimawati, Umi, 2008.Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Teori dan Aplikasi.Bandung.
Nazir, Mohammad, 2003.Metode Penelitian.Ghalia Indonesia : Jakarta.
Nuraini, Alfiyah, 2015, Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Produk terhadap Citra Merek dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Kosmetik Wardah di Kota Semarang). http://ejournal-s1.undip.ac.id/idex.php/ Diakses pada 03 Mei 2017.
Nurul, Huda. 2010.Pedoman Operasional Stockpoint Ice Cream Walls.PT. BAS : Pekanbaru.
Oktaviani, Restu, 2011. Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana XL di Kota Bogor. Fakutas Ekonomi: Universitas Djuanda Bogor.
Payne, Adrian. 2000. The Essense of Service Marketing (Pemasaran Jasa. Alih Bahasa: Fanny Tjiptonno). ANDI: Yogyakarta.
Prasetijo, Ristiyanti dan John Ihalauw, 2005. Perilaku Konsumen. Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat : Jakarta.
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Riduwan dan Sunarto, 2007. Pengantar Statistika, Untuk Penelitian Pendidikan Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.
Riduwan dan Buchari Alma, 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. : Alfabeta : Bandung.
Rohmah, 2013, Uji Protein dan Glukosa Es Krim dengan Bahan Ubi Jalar Ungu dan Susu Kedelai Rasa Nangka Secara Tradisional, Skripsi, Universitas Muhamadiyah Surakarta : Surakarta.
Royan, Frans M, 2005. Marketing Selebritis, Selebritis dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri. PT. Elex Media Komputindo : Jakarta.
Rusdiana, H.A. 2014. Manajemen Operasi. CV Pustaka Setia : Bandung.
Saladin, Djaslim dan Yevis Marty Oesman. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran.Linda Karya : Bandung.
Sari, Dinny Puspita, 2012, Pengaruh Celebrity Endorser Ayu Ting-ting dalam Iklan Televisi terhadap Brand Image Produk Mie Sarimi. Manajemen: STIE MDP.
Sarwono, Jonathan, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu : Yogyakarta.
Sebayang, Siahaan Simon, 2008. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Mio pada Mio Autimatic Club (MAC). Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 1 No. 3 Hal 117-125.
Setiadi, J Nugroho, 2008. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasinya untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Edisi 1. Prenada Media Group : Jakarta.
Shimp, Terence A, 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Terjemahan oleh Revyani Sjahrial dan Dyah Anikasari. Jilid I (edisi 5). Erlangga : Jakarta.
Sihombing, Damos, 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1, Edisi delapan, Penerbit Erlangga : Jakarta.
Soemanagara, Dermawan dan John E Kennedy, 2006. Marketing Communication: Taktik dan Startegik.Bhuana Ilmu Populer : Jakarta.
Stoner, James A.F, 2014. Manajemen. Jilid 1 (edisi 2). Erlangga : Jakarta.
Sugiarto, Siagian, 2006. Metode Statistika: Untuk Bisnis dan Ekonomi. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta : Jakarta.
, 2008. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta : Jakarta.
, 2005.Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta : Jakarta.
Sumarwan, Ujang. 2007. Perilaku Konsumen. Ghalia Indah : Bogor.
Sunyoto, Danang. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. PT. Refika : Bandung.
Terry, George dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-dasar Manajemen. Cetakan Kesebelas. PT. Bumi Aksara : Jakarta.
Tjiptono, F dan Chandra, G. 2012. Pemasaran Strategik.Edisi Kedua.Andi : Yogyakarta.
Umar, Husein, 2003.Metode Riset Komunikasi Organisasi. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.
Widyatama, Rendra, 2007. Pengantar Periklanan. Pustaka Book Publisher : Yogyakarta.

Downloads

Published

2017-12-28

How to Cite

Zaelani, A., & Maulana, L. H. (2017). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN PESAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ICE CREAM WALLS CORNETTO DISC CHOCOLATE DI KOTA BOGOR. Jurnal Visionida, 3(2), 44–54. https://doi.org/10.30997/jvs.v3i2.974

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 731 times