PENDIDIKAN NILAI PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Fachrur Razi Amir

Abstract


Tafsir tarbawi merupakan salah satu model pembacaan dan penafsiran Al-Qur’an dari perspektif Pendidikan. Pada dasarnya model penafsiran ini dapat dikategorikan sebagai tafsir maudhu’iy yang dikembangkan oleh Al-Farmawi, salah seorang pakar kajian Al-Qur’an dari Mesir. Dalam artikel ini dideskripsikan beberapa macam nilai di dalam Al-Qur’an, dan model pendidikan nilai berbasis pada nilai-nilai dalam Al-Qur’an serta bagaimana metode pendidikan nilai mengacu kepada metode yang terdapat di dalam Al-Qur’an.

KATA KUNCI: Pendidikan nilai, Tafsir Tarbawi, PerspektifAl-Qur’an



VALUE EDUCATION WHICH IS BASED ON AL-QUR’AN


ABSTRACT

 Tafsir tarbawi is kind of contemporer model of reading and interpreting Al-quran from the prespective of Education. Basically, this model of tafsir is could be rooted to the thematic model of tafsir (tafsir mawdhuiy) which was developed by Al-Farmawi, prominent scholar on Quranic studies and its tafsir from Egypt. This paper aimed to describe some values in Al-Qur’an; to develop a model for value education which is based on Al-quran, and to explore how is the methods to educate values towards students in all level based on some teaching methods in Al-quran.



Keywords


Value education, Tafsir tarbawi, Al-qur’an Perspective

Full Text:

PDF

References


Abdullah. 2007. Pengembangan kurikulum teori dan praktik. Ar-Russ Media, Yogyakarta.

Abdullah D. 2010. Penelitian tafsir sebagai penelitian ilmiah. Jurnal Al-Risalah, Volume 10 Nomor 2 November 2010.

Salim MA. 1999. Metodologi tafsir, sebuah rekonstruksi memantapkan keberadaan ilmu tafsir sebagai disiplin ilmu.IAIN Alauddin, Ujung Pandang.

Al-Farmawi, 1977. Abd.Hayy.Al-Bidayah fi Tafsir Al-Mawdhu’i.t.t.,

Al-Harbi Ali 2010. Ahammiyatu dauri muallimi al-ulum al-thabi’iyyah fi tanmiyati al-Qiyam al-Ilmiyah.Disertasi tidak diterbitkan (KSA, Kementerian Pendidikan Tinggi). Universitas Ummul Qurra, Makkah.

Amril M. 2011. Pendidikan nilai (telaah epistimologi dan metyodologi pembelajaran aklak di sekolah). Lembaga Penelitian dan Pengembangan UIN Riau, Riau.

Asmau Imam dan Abdul Kabir. 2013 .Thequr’anic approach to the inculcation of moral values: patterns for teacher education”. QURANICA, international. Journal of Quranic Research, Vol.5, Issue. 2, Dec 2013.

Dahlan M D. (2007). Makna dan perkembangan terakhir pendidikan umum. Makalah Pada Sarasehan Prodi PU UPI, Bandung.

Depdiknas. 2015. Kamus besar bahasa Indonesia. Pusat BahasaPT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Djahiri, A. 1992. Dasar-dasar metodologi pengajaran. Lab. PPMP IKIP Bandung, Bandung.

Faris Ibnu (w.395 H). Kamus tematik bahasa Arab Mutakhayyir al-Alfadz.

Hakam Abdul. 2005. Nilai sosial budaya dalam pendidikan umum. Univ. Pendidikan Indonesia, Bandung.

Mukherjee Poulami dan Tuhin Kumar Samanta. 2014. Value education: its’ modern trend and impact conflux. Journal of Education Volume 2, Issue 4, September 2014.

Neena, A. 2014. The importance of value education in the present education system &role of teacher”. International Journal of Social Science and Humanities Research.

Shikha Sharma. 2016. Inculcation of values among the students by teachers.Journal The Signage, Vol. 4 No. 1 Jan – June 2016.

Supreet Kaur& Vandana Sharma. 2014. Inculcation of values: different approaches. Scholars Journal of Arts, Humanities and Social Sciences, 2014.

Taufiqurrachman. 2008. Leksikologi bahasa Arab. UIN Malang Press, Malang.

Urwi binti Abdullah. 2010. Bahsun fil qiyam, diajukan sebagai tugas akhir di departemen tsaqafah Islamiyah, Fakultas Syariah Universitas Ibnu Muhammad ibnuu Saud, 1431H.




DOI: https://doi.org/10.30997/jtm.v1i2.959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TADBIR MUWAHHID

P-ISSN 2579-4876      E-ISSN 2579-3470

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 16720

Gedung B Lt. 3 Ruang Jurnal FKIP

 

 

Currently, Tadbir Muwahhid indexed by:   

            

  

 

 

View My Stats

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.