IMPLEMENTASI MANAJEMEN ORGANISASI “HISADA” SEBAGAI WADAH KEPEMIMPINAN SANTRI

Authors

  • Abdul Kholik Universitas Djuanda
  • Romlah Sri Suharyati Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v1i2.957

Keywords:

leadership, management, organization, santri.

Abstract

Organisasi HISADA (Himpunan Santri Daarul Uluum), memililki peran strategis dalam keberlangsungan proses pendidikan di sekolah Daarul Uluum. Sebagai sebuah organisasi di lingkungan sekolah, HISADA dituntut untuk bisa menjadi wadah dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan santri yang merupakan salah satu tujuan sekolah. Oleh sebab itu, pelaksanaan manajemen organisasi HISADA menjadi sangat penting dalam pencapaian salah satu tujuan sekolah yang lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi manajemen organisasi HISADA terkait perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakn uji kredibilitas yang dilakukan dengan memperpanjang waktu penelitian, meningkatkan ketekunan peneliti dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menggambarkan bagaimana fungsi-fungsi manajemen organisasi HISADA yang terdiri dari: 1) perencanaan operasional yang dilakukan untuk jangka waktu satu tahun melalui musyawarah kerja HISADA sebagai langkah awal dari bentuk wadah kepemimpinan santri; 2) pengorganisasian dilakukan melalui beberapa tahapan hingga menghasilkan struktur organisasi HISADA dengan susunan personalia dan pembagian tugas yang terbagi ke dalam delapan bagian pada organisasi HISADA; 3) pelaksanaan dalam organisasi HISADA berjalan dengan baik melalui beberapa kegiatan yang sudah dirumuskan dalam program kerja pada setiap bagian organisasi HISADA yang dapat mengasah jiwa kepemimpinan santri meskipun masih ada hambatan yang dialami; 4) bentuk pengawasan yang dilakukan oleh pengurus HISADA  dalam organisasi HISADA adalah bentuk pengawasan langsung dan tidak langsung. Pengawasan secara langsung dilakukan ketua dan wakil HISADA kepada pengurus organisasi dan santri lainnya. Sementara itu, pengawasan tidak langsung dilakukan dengan menunjuk jasus (mata-mata).

KATA KUNCI: kepemimpinan, manajemen, organisasi, santri.

 

 

IMPLEMENTATION OF “HISADA” ORGANIZATIONAL MANAGEMENT AS A OF STUDENT’S LEADERSHIP FACILITATOR

 

ABSTRACT

Association of Santri Darul Ulum or usually called as HISADA, has a strategic role in the continuity of education process at Daarul Uluum School. As an internal school organization, HISADA is required to be a facilitator in growing the soul of santri leadership which is known as one of the school goals. Therefore, implementation of HISADA organizational management becomes very important in achieving one of the school goals to be more effective and efficient. The purpose of this study was to describe HISADA management functions related to planning, organizing, implementing and monitoring. Data were collected through observation, interviews, and documentation. The study used a qualitative approach with case study method. The validity of the data used a credibility test conducted by prolonging the time of research, was increasing research and triangulation of data persistence. The results of this study is to describe: 1) operational planning conducted for a period of one year through HISADA work deliberation, 2) organizing carried out through several stages to enhance HISADA organizational structure, 3) implementation of HISADA’s program goes well even though there are some obstacles to be minimized, 4) supervision form conducted by the board of HISADA is both direct and indirect supervision.

References

Badruddin. 2014. Dasar-dasar manajemen. Alfabeta, Bandung.
Bahri MG. 2001. Pendidikan pesantren berwawasan lingkungan. Pedoman Ilmu, Jakarta.
Depdiknas. 2015. Kamus besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Handoko TH. 2015. Manajemen BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.
Kementrian Agama. 2016. Al - Qur’an dan Terjemahan An-Nafi’.
Marno dkk. 2008. Manajemen dan kepemimpinan pendidikan islam. Refika Aditama, Bandung.
Moleong LJ. 2008. Metodologi penelitian kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
MU YAPPI. 2008. Manajemen pengembangan pondok pesantren. PT Listafariska Putra, Jakarta.
Usman H. 2014. Manajemen (teori, praktik, dan riset pendidikan). Bumi Aksara, Jakarta.
Priyono. 2007. Pengantar manajemen. Zifatama Publisher, Surabaya.
Ramayulis. 2008. Metodologi pendidikan agama islam. Kalam Mulia, Jakarta.
Rohadi M dkk. 2008. Rekonstruksi pesantren masa depan. Media Nusantara, Jakarta.
Silalahi U. 2011. Asas-asas manajemen. Refika Aditama, Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Yusuf AM. 2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Prenada Media Group, Jakarta.
Zenju NS. 2008. Administrasi publik. KITA Press, Surabaya.

Downloads

Published

2017-10-29

How to Cite

Kholik, A., & Suharyati, R. S. (2017). IMPLEMENTASI MANAJEMEN ORGANISASI “HISADA” SEBAGAI WADAH KEPEMIMPINAN SANTRI. TADBIR MUWAHHID, 1(2), 128–141. https://doi.org/10.30997/jtm.v1i2.957
Abstract viewed = 869 times