PROGRAM PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DI SEKOLAH DASAR

Ibnu Santosa, R Siti Pupu Fauziah, Agus Tamami

Abstract


Tujuan pelaksanaan penelitian adalah agar mengetahui pelaksanaan model pendidikan berbasis kepemimpinan dan pelaksanaan pendidikan berbasis kepemimpinan di SD Kreativa YASMINA Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatfif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumen dan triangulasi data. Hasil dari penelitian dan pengamatan  bahwa pelaksanaan model pendidikan berbasis kepemimpinan melalui dua pendekatan:1) penerapan modeling, lingkungan, kurikulum, intruksi, sistem dan tradisi. 2) melalui program-program khusus SD untuk menunjang dalam pengembangan kepemimpinan peserta didik (a). Aspek personal: pembiasaan model kepemimpinan, (b) aspek sosial: penerapan kerjasama, dan contoh (c) aspek akademik: mampu memahami mata pelajarn, berani tunjuk tangan ketika mampu, dan mandiri. kemudian faktor kebutuhan atau pendukung dan kekurangan atau hambatan  pelaksanaan model pendidikan berbasis kepemimpinan di sekolah SD YASMINA, 1) faktor pendukung: visi dan budaya sekolah dasar kreativa, terdapat pendidik yang profesional, sarana prasaranayang memadai.2) faktor penghambat, 2) perbedaanya pola pikir peserta didik tentang kepemimpinan, ada salah satu guru yang masih kesulitan dalam mengajarkan kepemimpinan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus  (ABK), dan keruasakan pada sarana.

KATA KUNCI: pendidikan, kepemimpinan, sekolah dasar.

 

EDUCATION LEADERIN ELEMENTARY SCHOOL PROGRAM

ABSTRACT

This study is intended to determine the implementation of leadership-based education model and implementation of leadership-based education model in Kreativa SD YASMINA Bogor. The research method used is descriptive qualitative method. Data collection is conducted by interview, observation, document and data triangulation. Results from research and observation that the implementation of leadership-based education model through two approaches: 1) application of modeling, environment, curriculum, instruction, system and tradition. 2) through special SD programs to support in leadership development of learners (a). personal aspects: habituation of leadership model,  (b) social aspect: application of cooperation, and example (c) academic aspect: able to understand student's eyes, dare to show hand when capable, and independent. Then the need or supporting factors and the lack or obstacles of implementing leadership-based education model at SD YASMINA: 1) supporting factors: vision and culture of creativity primary school, there are professional educators, adequate infrastructure; 2) inhibiting factors; 3) the difference is fixed / mindset learners about leadership, there is one teacher who still difficulty in teaching leadership to the students ABK, and passion on the means.

 



Keywords


Education, leadership, primary school.

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata. 2010. Ilmu pendidikan islam. Kencana Prenada Media Grop, Jakarta.

Al-Qur’an dan terjemahannya. 2010. Lembaga Percetakan Al-Qur’an Kementrian Agama Republik Indonesia, Bogor.

Dini Rosdiani. 2013. Model pembelajaran langsung dalam pendidikan jasmani dan kesehatan. Alfabeta, Bandung.

Lexy J Moleong. 2013. Metode penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sudarwan Danim. 2010. Kepemimpinan pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Made Pidarta. 2000. Landasan kependidikan. Rineka Cipta, Jakarta.

Maolani Rukaesih A. 2015. Metodelogi penelitian pendidikan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Syamsuddin AR & Vismaia D. 2011. Metode penelitian pendidikan bahasa. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muhadi Zainuddin. 2008. Studi kepemimpinan islam. Putra Mediatama Press, Semarang.

Punaji Setyosari. 2012. Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30997/jtm.v1i2.955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TADBIR MUWAHHID

P-ISSN 2579-4876      E-ISSN 2579-3470

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 16720

Gedung B Lt. 3 Ruang Jurnal FKIP

 

 

Currently, Tadbir Muwahhid indexed by:   

                 

  

 

 

View My Stats

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.