PERAN PONDOK PESANTREN (PONPES) MODERN DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT

Authors

  • Asep Sugandi Universitas Djuanda
  • Hasan Basri Tanjung Universitas Djuanda
  • Radif Khotamir Rusli Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v1i2.950

Keywords:

boarding school, economic, empowerment, society.

Abstract

Pondok pesantren dalam perkembangannya konsisten sebagai peran sosial dan lembaga pendidikan Islam. Peran sosial pada pemberdayaan masyarakat dalam upaya mendorong, memberikan motivasi, dan penguatan berbagai aspek kehidupan. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peran pesantrendalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian dilaksanakan di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus. Teknik pengambilan data melalui wawancara dan pengamatan. Sumber data primer adalah pimpinan pesantren, sedangkan data sekunder berupa dokumentasi, dan pengamatan. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan ada pemberdayaan masyarakat oleh Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami. Bentuk pemberdayaan berupa bidang sosial, ekonomi, dan bidang pendidikan. Berdasarkan kajian pustaka mengenai konsep pemberdayaan ekonomi masyarakat menyatakan bahwa pemberdayaan bertujuan memberi daya atau kekuatan, sehingga orang, kelompok, atau masyarakat menjadi mandiri. 

KATA KUNCI: ekonomi, masyarakat, pemberdayaan, pesantren modern.



 

THE ROLE OF ISLAMIC BOARDING SCHOOL MODERN IN ECONOMIC EMPOWERMENT OF SOCIETY

 


 

ABSTRACT

 

Pondok pesantren in its development consistent as social role and institution of Islamic education. Social roles in community empowerment in an effort to promote, motivate, and strengthen various aspects of life. The study is intended to describe the role of pesantren in the economic empowerment of society, supporting factors and inhibiting factors. The research was undertaken at Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang Bogor. The research method used is a qualitative method of case study. Technique of collecting data through interview and observation. Primary data source is the leadership of pesantren, while secondary data are documentation, and observation. The final result of this research shows that there is community empowerment by Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami. Form of empowerment in the form of social, economic, and educational fields. Based on the literature review of the concept of community economic empowerment states that empowerment aims to give power or strength, so that people, groups, or communities become independent.

 

 


Author Biographies

Asep Sugandi, Universitas Djuanda

Prodi Manajemen Pendidikan Islam

Hasan Basri Tanjung, Universitas Djuanda

Prodi Manajemen Pendidikan Islam

Radif Khotamir Rusli, Universitas Djuanda

Prodi Manajemen Pendidikan Islam

References

Arifin Z. 2012. Evaluasi pembelajaran. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Damsir I. 2016. Pengantar sosiologi pedesaan. Kencana, Jakarta.
Departemen Agama. 2001. Pola manajemen penyelenggaraan pondok pesantren. Direktorat Jendral Departemen Agama RI, Jakarta.
Latif A. 1993. Membangun SDM yang mandiri dan profesional. Departemen Tenaga Kerja RI, Jakarta.
Siradj SA. 2014. Kata pengantar kumpulan bahan ajar. Rumah Kitab, Jakarta.
Soebahar AH. 2013. Modernisasi pesantren. LkiS Printing Cemerlang, Bantul.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sulaiman I. 2010. Masa depan pesantren. Madani, Malang.
Suyono H dan R Haryanto. 2009. Pedoman pembentukan dan pengembangan posdaya. Balai Pustaka, Jakarta.
Yusuf AM. 2014. Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Prenadamedia Group, Jakarta.

Downloads

Published

2017-10-23

How to Cite

Sugandi, A., Tanjung, H. B., & Rusli, R. K. (2017). PERAN PONDOK PESANTREN (PONPES) MODERN DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT. TADBIR MUWAHHID, 1(2), 99–115. https://doi.org/10.30997/jtm.v1i2.950
Abstract viewed = 715 times