PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda
  • Finka Andriani Puteri Universitas Djuanda
  • Atin Kurniawati Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.886

Keywords:

Independence Learning, Learning Outcomes.

Abstract

Penelitian ini ialah memiliki sebuah tujuan yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruhnya dari kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Pajajaran Bogor. Di dalam penelitian ini metode penelitiannya ialah kuantitatif dengan pendekatan korelasi fungsional. Setelah diadakannya penelitian, hasil menunjukkan bahwa terbukti adanya pengaruh antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t yaitu kemandirian belajar dengan hasil belajar IPA diperoleh nilai thitung sebesar 8,306 yang lebih besar dari nilai ttabel 2,000. Serta nilai signifikansi kemandirian belajar dengan hasil belajar sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan koefisien determinasi antara kemandirian belajar dengan hasil belajar sebesar 53,50% sedangkan 46,50% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

KATA KUNCI: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar.

 

 

THE INFLUENCE OF INDEPENDENCE LEARNING TO NATURAL SCIENCES LEARNING OUTCOMES


ABSTRACT

 

This study aims to determine how the influence of independence learning on learning outcomes on science of fourth grade student of Pajajaran Bogor Elementary School. The method used is quantitative correlation approach functional. Research shows that there are significants between independence learning towards science learning outcomes. This is evidence by the results of the caculation of the Ttest is independence learning with science learning outcomes obtained value tcount 8,306 which is more greater than table 2000. And the significant value independence learning with learning results of 0,000 which is less than 0,05 then Ho is rejected and Ha is accepted. Coefficient of determination between the calculation result independence learning with Learning Outcomes of 53,50% while 46,50% are influenced by other factors.


References

Arifin Z. 2012. Penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Azwar S. 2016. Teori dan pengukurannya. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Muhidin AS dan M Abdurahman. 2009. Analisis korelasi, regresi, dan jalur dalam penelitian. Pustaka Setia, Bandung.

Sudijono A. 2014. Pengantar statistik pendidikan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Downloads

Published

2017-10-24

How to Cite

Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126–143. https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.886

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 1791 times