INFORMASI LABEL KEMASAN “MOCHIBO”

Maria Fitriah, Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan informasi label kemasan Mochibo sebagai Industri Kecil Menengah (IKM). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Metode ini mendeskripsikan atau melukiskan label pangan Industri Kecil Menengah (IKM) dengan menggunakan statistik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui data primer yaitu observasi dan kuesioner serta data sekunder yaitu wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat kota Bogor sebagai konsumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling. Analisis data. Hasil penelitian ini adalah informasi label kemasan Mochibo sebagai Industri Kecil Menengah (IKM) memiliki kategori baik.

KATA KUNCI: label pangan, informasi visual

 

 

INFORMATION OF "MOCHIBO" AS A FOOD LABELLING


ABSTRACT

This study aimed to: describe information of "Mochibo" as a food labelling of a small-medium Industry. This research was conducted by quantitative descriptive research method. This method describes the food labelling of Small-Medium Industry behaviour by using statistics. The data collecting technique used primary data; observations and questionnaires. The secondary data was interview and documentation. Based on this study, it used the Bogor citizens as the population for this study. The sampling technique used incidental sampling. Data analysis used formula Weight Mean Score (WMS).  The result of this study showed that "Mochibo" packaging label information as Small-Medium Industry has a good category.

 

 

Keywords


food labelling, visual information.

Full Text:

PDF

References


Abdurahman M. 2014. Ratusan industri makanan di indramayu tak miliki izin PIRT. Diakses pada tanggal 17 April 2016 dari http://bandung.bisnis.com.

Dinas Kesehatan Kota Bogor. 2013.

Meilani. 2014. Pencitraan desain kemasan oleh-oleh Jepang. Humaniora, 5(2) : 901-908.

Rustan S. 2009. Mendesain logo. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ruslan R. 1998. Manajemen public relations dan media komunikasi. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2004 tentang Keamanan, Mutu dan Gizi Pangan.

Peraturan Menteri Perdagangan No 31 Tahun 2011 BPOM RI 2005.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 239/Men.Kes/Per/V/85

Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor: HK.00.06.1.52.6635 tentang Larangan Pencantuman Informasi Bebas Bahan Tambahan Pangan pada Label dan Iklan Pangan.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1996 tentang Pangan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009




DOI: https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Sosial Humaniora

P-ISSN : 2087-4928  E-ISSN : 2550-0236

LPPM Universitas Djuanda Bogor

Jl. Tol Ciawi No 1 Kotak Pos 35 16720

Gedung A Lt. 2

 

indexing by:

                

 

 

Statecounter

 

Creative Commons Licence
JURNAL SOSIAL HUMANIORA This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.