STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SETTING PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA

Authors

  • La Ode Amril Universitas Djuanda Bogor
  • Willis Firmansyah Universitas Djuanda Bogor
  • Ratna Wahyu Wulandari Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.884

Keywords:

active knowledge sharing, attitude toward mathematics, scientific approach.

Abstract

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan yang dilalui yaitu perencanaan, pelaksanakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VIII SMP Negeri 1 Ciawi Bogor. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskripstif kualitatif. Penerapan pembelajaran bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik meningkatkan sikap terhadap matematika siswa kelas VIII MTs SMP Negeri 1 Ciawi. Strategi active knowledge sharing memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling berbagi pengetahuan secara aktif. Kompetisi antar peserta didik dapat dikurangi karena siswa diajarkan untuk saling membantu teman dalam hal kegiatan belajar. Siswa diarahkan untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang diberikan. Selain pada tingkat sikap terhadap matematika, kemampuan kognitif siswa juga mengalami peningkatan, namun persentase kenaikan kemampuan sikap siswa terhadap matematika lebih besar daripada persentase kenaikan kognitif siswa. 

KATA KUNCI: active knowledge sharing, pendekatan saintifik, sikap terhadap matematika

 

 

THE STRATEGY OF ACTIVE KNOWLEDGE SHARING BASED ON SCIENTIVIC APPROACH TO INCREASE STUDENTS' ATTITUDES TOWARD MATHEMATICS

 

ABSTRACT

This study uses a classroom action research design consisting of two cycles. Each cycle there are four stages through which planning, execution, observation and reflection. The subjects of this study are students and teachers of class VIII SMP Negeri 1 Ciawi Bogor. Technique of collecting data using test and non test technique. Data analysis used quantitative descriptive analysis and qualitative descriptive analysis. Implementation of learning is characterized by active knowledge sharing with scientific approach to improve attitude toward mathematics students of class VIII MTs SMP Negeri 1 Ciawi. The active knowledge sharing strategy allows students to actively share their knowledge. Competition among students can be reduced because students are taught to help each other friends in terms of learning activities. Students are directed to think critically and creatively in solving the given mathematical problems. In addition to the level of attitudes toward mathematics, students 'cognitive abilities also increased, but the percentage increase in students' attitudes toward mathematics is greater than the percentage of student cognitive improvement.

Author Biographies

La Ode Amril, Universitas Djuanda Bogor

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Willis Firmansyah, Universitas Djuanda Bogor

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Ratna Wahyu Wulandari, Universitas Djuanda Bogor

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Atkin MJ and P Black. 2003. Ways of knowing in science and mathematics series. Teachers College Press, New York.

Hosnan M. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21 kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia, Bogor.

Kemendiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19, Tahun 2005, Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Kemendikbud. 2013a. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68, Tahun 2013, tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Komara E. 2014. Belajar dan pembelajaran interaktif. Refika Aditama, Bandung.

Widoyoko EP. 2009. Evaluasi program pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Downloads

Published

2017-10-24

How to Cite

Amril, L. O., Firmansyah, W., & Wulandari, R. W. (2017). STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SETTING PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 93–103. https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.884

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 356 times