MODEL PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI BERBENTUK KLAUSULA BAKU

Authors

  • Jacobus Jopie Gilalo Universitas Djuanda
  • Nurwati Nurwati Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v8i1.700

Keywords:

model of consumer protection, transactions, standard clause

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk perlindungan konsumen dalam transaksi perniagaan atas barang dan/atau jasa di Kota Bogor, dan untuk mengembangkan model klausula baku dalam bukti transaksi yang memberi perlindungan kepada konsumen. Adapun tujuan jangka panjang yang akan dicapai dari hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui suatu model klausula baku dalam transaksi barang dan/atau jasa yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan jenis penelitian deskriptif, maka dalam menganalisis data penelitian ini, digunakan deskriptif kualitatif, yaitu suatu analisis yang sifatnya menjelaskan atau menggambarkan mengenai penemuan-penemuan yang berlaku dengan yuridis empiris/sosiologis, kemudian dikaitkan dengan kenyataan yang terjadi di masyarakat  dan akhirnya diambil kesimpulan, yaitu terumusnya model perlindungan konsumen dalam transaksi berbentuk Klausula Baku sebagaimana menurut Undang-Undang Perlindungan Konsumen dengan mengambil contoh di kota Bogor. Hasil yang ditargetkan dari penelitian ini adalah publikasi jurnal ilmiah terakreditasi dan terciptanya suatu hasil analisis mengenai model perlindungan konsumen dalam transaksi berbentuk klausula baku di kota Bogor. Dengan rumusan tersebut dapat menjadi dasar pertimbangan dalam memberi suatu perlindungan bagi konsumen. Dan yang menjadi luaran tambahan dari hasil penelitian ini dapat menjadi bahan ajar terutama pengayaan materi, khususnya tambahan bahan ajar pada disiplin ilmu hukum dan dapat pula dipergunakan oleh insan akademika guna pengembangan hukum perlindungan konsumen.

KATA KUNCI: klausula baku, model perlindungan konsumen, transaksi. a model of consumer protection, transactions, standard clause.

 

IN TRANSACTIONS WITH RAIN CLAUSULA IN TRANSACTIONS OF STANDARD CLAUSES


ABSTRACT

This research is to know the shape of consumer protection in commercial transactions for goods and/or services in the city of Bogor, and to develop models of standard clauses in a voucher that gives protection to the consumer. As for the long-term goals to be achieved from this research is to find out a model standard clause in the transaction of goods and/or services in accordance with Act No. 8 The year 1999 on Consumer Protection. The method used in this research is descriptive research, then in analyzing the data this study used descriptive qualitative, which an analysis of that nature to explain or describe the findings apply to the empirical juridical/sociological, then associated with the reality of the matter in society and ultimately be concluded, that formulated a model of consumer protection in the form of transaction in standard clause as according to the consumer protection Act by taking an example in the city of Bogor. Targeted results from this study are accredited scientific journal publications and the creation of an analysis result of the transaction model of consumer protection in the form of standard clauses in the city of Bogor. With such formulation may be a basic consideration in giving a protection for the consumer. And that became the additional output from this research can be instructional materials, especially the enrichment of material, in particular, additional teaching materials on the disciplines of law and may also be used by the personnel to the academic development of consumer protection law.

Author Biographies

Jacobus Jopie Gilalo, Universitas Djuanda

Pascasarjana Ilmu Hukum

Nurwati Nurwati, Universitas Djuanda

Program Studi llmu Hukum 

Fakultas Hukum

References

Miru A. 2011. Prinsip-prinsip perlindungan hukum bagi konsumen di Indonesia. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Anonim. 2003. Pedoman klausula baku di bidang perbankan yang disempurnakan. Direktorat Perlindungan Konsumen, Direktorat Jenderal Perdagangandalam Negeri, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, Tahun 2003.

Bank Indonesia. Himpunan Ketentuan Perlindungan Nasabah. Bank Indonesia.

Tobing DML. 2007. Parkir + Perlindungan Hukum Konsumen. Timpani Publishing, Jakarta.

Direktorat Perlindungan Konsumen. 2001. Panduan pedoman penyelenggaraan perlindungan konsumen. Direktorat Perdagangan Dalam Negeri, Departemen Perindustrian Dan Perdagangan, Jakarta.

Direktorat Perlindungan Konsumen. 2002. Pedoman klausula baku dibidang telekomunikasi. Direktorat Perdagangan Dalam Negeri, Departemen Perindustrian Dan Perdagangan, Jakarta.

Widjaja G dan A Yani. 2008. Hukum tentang perlindungan konsumen. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sjahputra I. 2010. Perlindungan konsumen dalam transaksi elektronik. Alumni, Bandung.

Ibrahim J. 2006. Teori dan metodologi penelitian hukum normatif. Cetakan kedua. Bayumedia Publishing, Malang.
Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 350/MPP/Kep/12/2001 tanggal 10 Desember 2001 tentang Pelaksanaan Tugas dan Wewenang Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 2004 tanggal 18 Oktober 2008 tentang Pembentukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen pada Pemerintah Kota Kupang, Kota Samarinda, Kota Sukabumi, Kota Bogor, Kota Kediri, Kota Mataram, Kota Palangkaraya dan pada Kabupaten Kupang, Kabupaten Balitung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Serang, Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Kabupaten Jeneponto;
Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (Burgelijke Wetboek);

Kurniawan, Problematika Kedudukan dan Kekuatan Putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, UB Press, malang, 2011.

Badrulzaman MD. 2005. Aneka hukum bisnis. Alumni, Bandung.

Siahaan NHT. 2005. Hukum konsumen–perlindungan konsumen dan tanggung jawab produk. Panta Rei, Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2001 tentang Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat.

Marzuki PM. 2005. Penelitian hukum. Prenada Media, Jakarta.

Sumarwan U. 2003. Perilaku konsumen–teori dan penerapannya dalam
pemasaran. Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Undang-Undang Dasar 1945.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Priyono Y. 2015. Perlindungan konsumen dalam klaim asuransi barang pada pembiayaan kendaraan bermotor. Jurnal Ilmiah LIVING LAW. Volume 7, Nomor 2, Oktober 2015.

Downloads

Published

2017-04-27

How to Cite

Gilalo, J. J., & Nurwati, N. (2017). MODEL PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI BERBENTUK KLAUSULA BAKU. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 14–28. https://doi.org/10.30997/jsh.v8i1.700

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 324 times