ANALISIS MODEL KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA POS PELAYANAN TERPADU (POSYANDU))

Authors

  • Alialamsyah Kusumadinata

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v5i1.532

Keywords:

pos pelayanan terpadu (Posyandu), partisipasi, mode komunikasi.

Abstract

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan bagian dari program pemerintah yang terintegrasi
antara masyarakat, pemerintah, dan sektor swasta. Penelitian ini menganalisis komunikasi
partisipatif dalam program kesehatan terpadu. Penelitian ini dilakukan menggunakan model
kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi sistem dari Posyandu (Puskesmas) adalah telah
menerapkan komunikasi partisipatif, sedangkan pada perencanaan komunikasi itu lebih kepada
mode intervensi dari pemerintah. Jadi, peran agen lebih dikooptasi oleh pemerintah dibandingkan
dengan menekankan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, perlunya partisipasi yang diharapkan
dari masyarakat. Pastisipasi masyarakat itu tidak lepas dari kekuasaan pemerintah yang dimiliki
dimana elemen itu berperan lebih pada informatif dan konsultatif. Oleh karena itu, proses
komunikasi partisipasi diharapkan mengedepankan proses dialog dan akses untuk mencapainya,
sehingga mode akses dan dialog diabaikan oleh masyarakat terdampak pada komunikasi partisipatif
yang tidak berjalan dengan baik. Masyarakat sebagai pengguna pelayanan kesehatan memiliki
solidaritas yang lebih baik, sebagai lembaga independen, dan adanya peran serta instansi pemerintah
yang saling berbagi.

Downloads

Published

2014-04-22

How to Cite

Kusumadinata, A. (2014). ANALISIS MODEL KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA POS PELAYANAN TERPADU (POSYANDU)). Jurnal Sosial Humaniora, 5(1). https://doi.org/10.30997/jsh.v5i1.532

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 976 times