EFISIENSI PASAR SAHAM SYARIAH DI INDONESIA BERDASARKAN PENGUMUMAN PERUBAHAN KOMPOSISI SAHAM DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

Authors

  • Mas Nur Mukmin

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v6i1.494

Keywords:

efisiensi pasar, studi peristiwa, abnormal return, dan Jakarta Islamic Index.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan informasi dan efisiensi pasar saham syariah di Indonesia berdasarkan pengumuman perubahan komposisi saham di Jakarta Islamic Index (JII). penelitian ini dilakukan kepada saham-saham yang termasuk ke dalam indeks dan yang keluar dari indeks. Penelitian ini menggunakan metode studi peristiwa (event study). Periode jendela dilakukan selama tujuh hari (t-3 sampai t+3). Hasil penelitian ini mendukung signalling theory. Tidak terdapat abnormal return di sekitar periode peristiwa bagi saham yang termasuk ke dalam indeks. Abnormal return negatif terjadi disekitar periode peristiwa bagi saham yang keluar dari indeks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasar saham syariah di Indonesia termasuk ke dalam pasar efisien bentuk setengah kuat berdasarkan pengumuman perubahan komposisi saham di JII.

Downloads

Published

2015-04-21

How to Cite

Mukmin, M. N. (2015). EFISIENSI PASAR SAHAM SYARIAH DI INDONESIA BERDASARKAN PENGUMUMAN PERUBAHAN KOMPOSISI SAHAM DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII). Jurnal Sosial Humaniora, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.30997/jsh.v6i1.494

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 376 times