STRATEGI INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS IT (INFORMATION TECHNOLOGY) UNTUK PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.30997/jsh.v7i2.490Keywords:
pembelajaran berbasis IT, pendidikan karakter, model PTK.Abstract
Kenyataan yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan aplikasi informasi dan teknologi (IT) berbasis jaringan, para peserta didik yang melakukan penelurusan berita tanpa memiliki bekal yang cukup seperti etika, logika, dan estetika akan menimbulkan dampak negatif terhadap karakter peserta didik. Pembentukan karakter peserta didik dapat dilakukan secara preventif di Sekolah Menengah Kejuruan. Pada masa tersebut, peserta didik memasuki dunia baru dalam pendidikan yang berdampak terhadap perkembangan karakter individu sebagai bagian dari masyarakat. Penelitian ini difokuskan dalam pengintegrasian pendidikan karakter pada mata pelajaran yang menggunakan sarana komputer, khususnya IT melalui pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan memperhatikan etika salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas penggunaan IT diharapkan siswa yang mengikuti program ini mendapatkan bekal yang progresif dalam menggapai masa depannya. Model penelitian tindakan kelas (PTK) adalah model yang dapat digunakan secara aplikatif dan sederhana dalam pembentukan peserta didik secara behavioristik sehingga dengan PTK hasil penelitian dapat diukur secara nyata dan applicable.Downloads
Published
2016-10-21
How to Cite
Abdurakhman, O., & Rasmitadila, R. (2016). STRATEGI INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS IT (INFORMATION TECHNOLOGY) UNTUK PESERTA DIDIK. Jurnal Sosial Humaniora, 7(2), 111–115. https://doi.org/10.30997/jsh.v7i2.490
Issue
Section
Articles