ANALISIS KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KEPRIBADIAN ANAK-ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30997/jsh.v7i1.487Abstract
Lemahnya kecerdasan intelektual anak berkebutuhan khusus dapat dilihat pada dua karakteristik yaitu anak berkebutuhan khusus permanen yang memiliki kelainan dan anak berkebutuhan khusus permanen yang memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat kecerdasan intelektual anak-anak berkebutuhan khusus, mendeskripsikan peran guru dalam pengembangan kepribadian anak-anak berkebutuhan khusus, dan mendeskripsikan peran orang tua dalam pengembangan kepribadian anak-anak berkebutuhan khusus. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Terdapat 26 contoh dalam penelitian yang terdiri dari 15 contoh di Sekolah Luar Biasa Al-Irsyad dan 11 contoh di Sekolah Luar Biasa Bina Sejahtera. Data dalam penelitian adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari psikolog, sedangkan data sekunder diperoleh melalui sekolah dan orang tua. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 13 contoh memiliki IQ di bawah 65, sepuluh contoh memiliki IQ 66-79, dua contoh memiliki IQ 111-119, dan satu contoh memiliki IQ >128. Peran guru terhadap anak berkebutuhan khusus lebih diarahkan pada bimbingan, arahan, didikan, dorongan, dan pelibatan anak-anak berbagai kegiatan. Sementara itu, peran orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus lebih diarahkan pada memberikan stimulasi, pendampingan, memberikan arahan, memberikan kesempatan kepada anak untuk berkreativitas, dan memberi kepercayaan dalam berbagai kegiatan.