ANALISIS MATERI DONGENG SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30997/jsh.v4i2.471Abstract
Pendidikan dasarberperan untuk pembentukankarakterpeserta didik. Keberhasilanpendidikan dasardalam membentukkaraktersesuaidengantujuan pendidikan nasionaladalah landasankeberhasilan dalampendidikan lanjutan. Pendidikan karakterdalam sistempendidikan nasionalberpusat padatujuan nasionalUU No.20 tahun 2003yaitu untukmengembangkan potensipeserta didikagarmenjadi manusia yangberimandantakwa kepada Allahserta menjadiwarga negarademokratisdan bertanggung jawab. Tujuan penelitianini adalah untukmenentukan isimateridongengdalam buku teksbahasa IndonesiaSekolah Dasardanmencari bahan alternatifbukudongengsesuai denganpendidikan karakter. Metode yang digunakan adalahdeskriptif kualitatifyang bertujuanuntuk menggambarkansecara sistematisfakta-faktayang ditemukandi lapangan. Jenispenelitian iniadalah kepustakaan. Sastramerupakan serangkaian metode pengumpulan dataliteratur, membaca, merekam, dan pengolahanbahan penelitian. Sumberdata penelitianberasal daridata primerdandata sekunder. Teknikanalisis data menggunakananalisis isi: analisisdongeng(materitingkat kelas)dananalisis material(juduldongeng). Penelitian ini memperlihatkan adanya materi yang sesuai (40%) dan bertentangan (60%) denganpendidikan karakter. Dari hasil analisisdapat disimpulkanbahwabahanmedia pendidikansebagaikarakterdongengdalam buku teksbahasa Indonesiadi Sekolah Dasarmasihtidak sesuaidengandongengyang bersifatpendidikan karakter, benar, mulia, mandiri, demokratis, danakuntabel.