ANALISIS SISTEM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH

Main Article Content

Metti Paramita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pada lima Lembaga Keuangan Mikro Syariah yaitu BMT Berkah Mandiri Sejahtera, KSPPS Berkah Bersama, BMT Binaul Ummah, KBMT Tadbiirul Ummah, Koperasi Baytul Ikhtiar. Metode yang digunakan yaitu  deskriptif kualitatif. Data primer pada penelitian ini berupa observasi dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pada beberapa Lembaga Keuangan Mikro Syariah yaitu BMT Berkah Mandiri Sejahtera, KSPPS Berkah Bersama, BMT Binaul Ummah, KBMT Tadbiirul Ummah, Koperasi Baytul Ikhtiar telah melaksanakan sistem pengembangan untuk Sumber Daya Manusia agar ada peningkatan dari segi keterampilan, pengetahuan dan sikap yang baik, pernyataan tersebut diperkuat dengan indikator kinerja karyawan, hasil kerja setiap karyawan dan beberapa program pendukung yaitu pelatihan dan pengembangan yang dilakukan oleh semua karyawan yang dimiliki oleh setiap LKMS.

Article Details

How to Cite
Paramita, M. (2018). ANALISIS SISTEM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH. urnal yarikah urnal konomi slam, 3(2). https://doi.org/10.30997/jsei.v3i2.900
Section
Articles

References

Basrowi dan Suwandi, 2008, Memahami Penelitian Kualitatif, Rineka Cipta, Jakarta
Djuwarijah, 2008, Strategi Peningkatan Manajemen Kurikulum Dalam Pengembangan Mutu SDM Menuju Terwujudnya Lulusan Madrasah Aliyah berwawasan Internasional, Jurnal El Tarbawi Vol. 1 No.1.
Edi Saputra Pakpahan, Siswidiyanto dan Sukanto, 2008, Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Pegawai, Jurnal Administrasi Publik, Vol. 2 No. 1.
Muhammad, 2009, Lembaga Keuangan Mikro Syariah Pergulatan Melawan Kemiskinan dan penetrasi Ekonomi Global, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Notoatmojo, Soekidjo, 2003, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rineka Cipta, Jakarta.
Purnamasari, Irma. 2014. Model Peningkatan Kinerja Sumber Daya Aparatur Negara Melalui Sistem Pengadaan Pegawai Berbasis Kompetensi Di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Bogor. (Laporan Penelitian Hibah Pemula)
Raharjo, Dawam, 1999, Intelektual, Intelegensia dan Perilaku Politik Bangsa, Mizan, Bandung.
Rivai, Veithzal, 2009, Islamic Human Capital, Dari Teori ke Praktek, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Salam Dz, Abdus, 2014, Manajemen Insani Dalam Bisnis, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Most read articles by the same author(s)