PERAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN PERMODALAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

Main Article Content

Metti Paramita
Muhammad Iskandar Zulkarnain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap permodalan yang diperoleh melalui Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS). Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data menggunakan deskriptif analitis untuk menjelaskan peran LKMS dalam pemenuhan kebutuhan usaha UMKM seperti modal kerja, investasi dan konsumsi melalui sistem permodalan usaha. Responden penelitian diambil dari 20 responden kunci yang menggunakan permodalan usaha dari LKMS Kota dan Kabupaten Bogor. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peran LKMS dan penggunaan permodalan oleh UMKM memiliki peran penting untuk meningkatkan usaha UMKM serta perekonomian Negara.

Kata Kunci: Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Permodalan,  Pemenuhan kebutuhan usaha

Article Details

How to Cite
Paramita, M., & Zulkarnain, M. I. (2018). PERAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN PERMODALAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 4(1). https://doi.org/10.30997/jsei.v4i1.1221
Section
Articles

References

Adi Rinekso, Gidion. P. 2011. “Akses Usaha Mikro Kecil dan Menengah ke Perbankan di Kabupaten Gunung Kidul dan Sleman.” JRMB: 1-8.
Ahmad, Kamarudin. 1997. Dasar-dasar Manajemen Modal Kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta
Akbar, Fikih. 2008. Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System). dikutip dari http://fakbar.blogspot.com/2008/09/
Alyas, Muhammad Rakib. 2017. “Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus Pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros).” Sosiohumaniora: 114-120.
Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah. 2015. Time Series Data UMKM Binaan Provinsi Jawa Tengah Triwulan IV 2014.
Fitriana, Widya. 2016. “Lembaga Keuangan Mikro Syariah: Eksistensi dan Aksesibilitasnya Bagi Pembiayaan Usahatani di Sumatera Barat (Studi Kasus: Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT)).” Agribisnis Indonesia: 149-162.
Hafni, Roswita, dan Ahmad Rozali. 2016. “Analisia Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Indonesia.” E-Jurnal, t.thn.: 77-96.
Karsidi, R & Irianto, H. 2005. Strategi Pemberdayaan UMKM di Wilayah Surakarta. Dalam Diskusi Regional Kerjasama Bank Indonesia Solo dengan Badan Koordinasi Pembangunan Lintas Kabupaten/Kota Wilayah II Surakarta Propinsi Jawa Tengah. Hotel Sahid Raya Solo, 30 Juni 2005.
Kim. 2001. The Greening Strategy of Small and Medium Enterprises (SMEs).
Kuncoro, Amin, dan Husnurrosyidah. 2017. “Kinerja Lembaga Keuangan Mikro Syariah dan Upaya Untuk Mempertahankan Eksistensi Perilaku Masyarakat Pedesaan.” Analisa Akuntansi dan Perpajakan: 63-74.
Kusmiyati, Asmi Nur Siwi. 2007. “Risiko Akad dalam Pembiayaan Murabahah Pada BMT di Yogyakarta (Dari Teori ke Terapan).” La_Riba: 27-41.
M. Umer Chapra dan Habib Ahmed. 2008. Corporate Governance Lembaga Keuangan Syariah, diterj. Oleh Ikhwan Abidin Basri, (Jakarta: Bumi Aksara)
Magribi, La Ode Muhamad, dan Suhardjo. Aj. 2004. “Aksesibilitas dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan di Pedesaan : Konsep Model Sustainable Accessibility pada Kawasan Pedesaan di Provinsi Sulawesi Tenggara.” Transportasi: 149-160.
Mariani, Ita. SE.,M.Si. 2017. “Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Simpan Pinjam Surya Abadi Mandiri (KSP SAM) Medan Krio.” Ilmiah Research Sains: 1-4.
Mcleod, Raymon. 2007. Sistem Informasi Manajemen. Edisi kesembilan Terjemahan Hery Yulianto. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang
Munawir, S. 1998. Analisa Laporan Keuangan. Edisi keempat, cetakan kedelapan. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta
Panji Anoraga dan Djoko Sudantoko. 2002. Koperasi Kewirausahaan dan Usaha (Jakarta; Rineka Cipta), cet.ke-1.
Paramita, Metti. 2017. Analisis Sistem Pengembangan Sumber Daya Manusia di Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Syarikah 3 (2): 343 - 357
Permata, Russely Inti Dwi, Fransisca Yaningwati, dan Zahroh Z.A. 2014 .“Analisis Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Musyarakah Terhadap Tingkat Profitabilitas (Return on Equity) (Studi Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di Bank Indonesia Periode 2009-2012).” Administrasi Bisnis: 1-9.
Prasetya, Agung. 2016. Peranan Baitul Maal Wa Tamwil Meningkatkan Usaha Mikro Melalui Pembiayaan Mudharabah. Jurnal Syarikah 2 (2). Hal. 252 - 267
Pratiwi, Rianti. “Peranan Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Mendorong Usaha Kaum Perempuan.” Ekonomi dan Perbankan Syariah, t.thn.: 84-99.
Rahayu, Lestari. 2015. “Aksesibilitas Petani Bawang Merah Terhadap Terhadap Lembaga Keuangan Mikro Syariah Sebagai Sumber Pembiayaan.” E-Jurnal: 52-59.
Rahayu, Ninik Sri. 2015. “Kontribusi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Terhadap Pemberdayaan Perempuan (Studi Kasus BMT di Kabupaten Sleman Yogyakarta).” Inovasi dan Kewirausahaan: 162-180.
Republik Korea: Graduate School of Management, KAIST. Dikutip dari www.googletranslate.republikkorea.com
Ridwan, Muhammad. 2005. Manajemen Baitul Maal Wa Tamwil (BMT), cetakan kedua. Yogyakarta: UII Press
Rodoni, Ahmad dan Abdul Hamid. 2008. Lembaga keuangan syariah. Jakarta: Zikrul Hakim
Suci, Yuli Rahmini. 2017. “Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil da
Sudaryanto, Ragimun, dan Rahma Rina Wijayanti. “Strategi Pemberdayaan
Supardi. 2005. Metodologi penelitian ekonomi dan bisnis. Yogyakarta: UII Press.
Menengah) di Indonesia.” Imilah Cano Ekonomos: 51-58.
Supriyanto. 2006. “Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan.” Ekonomi & Pendidikan: 1-16.

Most read articles by the same author(s)