PENGARUH BRAND IMAGE, LOKASI DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MINIMARKET “KEDAI YATIM”

Main Article Content

Muhammad Zainul Fikri
Ade Sofyan Mulazid

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand image, lokasi dan store atmosphere terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada minimarket "Kedai Yatim". Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data penelitian ini merupakan data primer yang berasal dari sampel yaitu konsumen minimarket "Kedai Yatim". Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis Regresi Berganda. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) brand image berpengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada minimarket "Kedai Yatim" (2) lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada minimarket "Kedai Yatim" (3) store atmosphere berpengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada minimarket "Kedai Yatim", dan (4) brand image, lokasi dan store atmosphere berpengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada minimarket "Kedai Yatim".

Kata Kunci : Brand Image, Lokasi, Store Atmosphere, Proses Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Fikri, M. Z., & Mulazid, A. S. (2018). PENGARUH BRAND IMAGE, LOKASI DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MINIMARKET “KEDAI YATIM”. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 4(1). https://doi.org/10.30997/jsei.v4i1.1066
Section
Articles
Author Biography

Ade Sofyan Mulazid, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

References

Berman B dan, Evans Jr, Retailing management, A Strategic Approach, 8th Edition, New Jersey : Prentice Hall, 2001.
______, _____ dan ______. Retail Management, Prentice Hall, New Jersey. 2007.
______, _____ dan ______. Retail Management: A Strategic Approach, 11th edition, Prentice Hall, New Jersey. 2010.
Eka Syahputra, Denny. Pengaruh Store Atmosphere, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian ORE PREMIUM STORE . Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 4, Nomor 11, November 2015.
Gendro,Wiyono. Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0. Percetakan STIM YKPM, Yogyakarta. . 2011.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19, Edisi 5, Penerbit: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. 2011.
Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2016.
Gujarati, Damodar. Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumarno Zain. Erlangga, Jakarta. 2003.
Isaac Oladep Ph.D, Onigbinde dan Samuel Abimbola M.Sc, Odunlami, 2015, Journal The Influence Of Brand Image and Promotional Mix on Consumer Buying Decision – A Study of Beverage Consumers in Lagis State, Nigeria, Department of Business Administration, McPherson University dan Southwestern University Nigeria, Nigeria.
Keller, Kevin Lane. Strategy Brand Management (Building, Measuring and Managing Brand Equity) Global Edition. Fourth Edition. United States: Pearson. 2013.
Kotler, Philip &Amstrong, Gerry. Dasar-Dasar Pemasaran, Alih Bahasa Oleh: Sindoro dan Markplus, Jilid 1, Indeks, Jakarta. 2003.
_________________________________ 2014, Principle of Marketing, 15th edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey.
_________, Philip & Armstrong, Gary. Principles Of Marketing. 16th edition, Pearson. 2016.
_________, Philip & Keller, Kevin L. Manajemen Pemasaran, Jilid Pertama, Edisi ke-12, Indeksia, Jakarta. 2009.
______________________________. Marketing Management, 14thEdisiGlobal Edition, Pearson Education Limited, New Jersey. 2012.
Levy, Michael and Weitz, A.Barton, Retailing Management, Sixth Edition, Published by McGraw-Hill/Irwin, New York, 2007.
Levy, Michael & Weitz, Barton A. Retailing Management,7thEdition, McGraw-Hill Irwin, New York. 2009.
Ma'ruf, Hendri, Pemasaran Ritel, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2006.
Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya
Ilmiah. Kencana, Jakarta. 2011.
Schiffman, L & Kanuk, L. L. Perilaku Konsumen Edisi 7, Indeks, Jakarta. 2008.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung, 2011.
________, Metode Penelitian Bisnis, CV Alfabeta, Bandung. 2013.
________, Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development, CV. Alfabeta, Bandung, 2016.
Surachman. Dasar-dasar Manajemen Merek, Bayumedia Publishing, Malang. 2008.
Tjiptono, Fandy. Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Edisi 1, Andi Offset, Yogyakarta. 2008.
_______. Manajemen dan Strategi Merek, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta. 2011.
Utami, Christina, Strategi Pemasaran Ritel, Edisi Pertama, Indeks, Indonesia, 2008.
Wibowo, Ari. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di ”D’STUPID BAKER” Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 12. 2014.
Yuliana, Imelda. Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 5, Nomor 6, Juni 2016.