KEMITRAAN PERUSAHAAN ISLAMI DENGAN PERBANKAN SYARIAH GUNA PENINGKATAN INCOME MELALUI JUAL BELI ONLINE DI KOTA BOGOR

Main Article Content

Furqonul Haq
Sahlan Hasbi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemitraan perusahaan Islami dan perbankan syariah di kota Bogor. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jumlah sampel sebanyak 2 buah sampel (perusahaan Islami di Bogor). Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa masih banyak perusahaan Islami di Bogor yang masih belum menggunakan bank syariah dan melakukan jual beli secara online. Pola kemitraan yang dijalin oleh perusahaan Islami dengan bank syariah adalah penggunaan rekening bank syariah dengan memanfaatkan jasa-jasa lain (fee based), seperti internet banking, sms banking, dan transfer (ATM). Perusahaan Islami belum memanfaatkan jasa pembiayaan dari bank syariah. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara perolehan income perusahaan Islami sebelum dan sesudah bermitra dengan bank syariah di kota Bogor.

Article Details

How to Cite
Haq, F., & Hasbi, S. (2017). KEMITRAAN PERUSAHAAN ISLAMI DENGAN PERBANKAN SYARIAH GUNA PENINGKATAN INCOME MELALUI JUAL BELI ONLINE DI KOTA BOGOR. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 3(2), 424–432. https://doi.org/10.30997/jn.v3i2.912
Section
Articles

References

Al-Bassam, Abdurrahman. 1992. Taudhidul Ahkam. Selangor: Pustaka Azzam.
Anto, Hendrie,M.B. 2003. Pengantar Ekonomi Mikro Islami. Yogyakarta: Ekonisia.
Ascarya. 2013. Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: PT. Rajawali Press
Ash-Shan’ani, Imam. 2015. Subulus Salam. Jakarta: Darus Sunnah
Ghassani, Nabila. 2015. Kemitraan Pengembangan UMKM: Studi Deskriptif tentang Kemitraan PT. PJB (Pembangkit Jawa Bali) Unit Gresik Pengembangan UMKM Kabupaten Gresik. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik Universitas Airlangga Volume 3 Nomor 2.
Hadi, Kuncoro. 2012. Implementasi Maqoshid Syariah Sebagai Indikator Perusahaan Islami, , Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA SOSIAL, Vol. 1, No. 3, Maret 2012. Hal 140-141
Hutabarat dan Huseini. 2006. Pengantar Manajemen Strategik Kontemporer di Tengah Operasional. Jakarta: PT. Alex Komputindo Karim, Adiwarman. 2009. Bank Islam (Analisis Fiqih dan Keuangan). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Jauhari, Jaidan. 2010, Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkaan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi, Volume 2, Nomor 1, hal. 159-168.Kasmis. 2012. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Hlm 129.
Kartasasmita, Ginandjar. 1996. Pembangunan untuk Rakyat : Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta: CIDES.
Kountour, Ronny. 2003. Metode Penelitian Untuk Menulis Skripsi Dan Tesis, Jakarta: PPM.
Laudon, Ken, and Jane Laudon. 2009. Management Information Sistems: International Edition,11/E. Pearson Higher Education.
Mardiyanto, H. 2009. Intisari Manajemen Keuangan. Jakarta: Grasindo.
Muslichah, dkk. 2012. Penggunaan Teknologi Internet dalam Sistem Penjualan Online untuk Meningkatkan Kepuasaan dan Pembelian Berulang Produk Batik pada Usaha Kecil dan Menengah di Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 14, Nomor 1, hal. 71-81.
Mulyasari, Hestin, dkk. 2014. Analisis Jenis Sistem Pembayaran Elektronik Dalam Transaksi E-Commerce Di Indonesia. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2014 (Sentika 2014) Yogyakarta.
Pradana, Mahir. 2015. Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commercedi Indonesia. Jurnal Neo-bis. Volume 9, No. 2.
Sabiq, Sayyid. 2009. Fiqhu as-Sunnah, Beirut: Dar al-Kitab al-Arabi
Sandhusen, Richard. 2008. Marketing. Hauppauge, N.Y: Barron's Educational Series.p.520. ISBN 0-7641-3932-0
Suhayati, Ely dan Sri Dewi Anggadini. 2009. Akuntansi Keuangan. Yogyakarta: Graha Ilmu Edisi Pertama,
Santoso, Imam. 2010. Akuntansi Keuangan menengah (intermediate Accounting). Bandung: Refika Aditama Supriyadi, A. 1997. Pola kemitraan Usaha Kecil, Menengah dan Besar Di masa yang akan Datang. Jakarta: Makalah dalam Temu Nasional Modal Ventura
Timothy, James. 2010. Membangun Bisnis Online, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Wiwoho, Jamal. 2014. Peran lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank dalam memberikan Distribusi keadilan bagi masyarakat. MMH, Jilid 43 No. 1 Januari