FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH SEKTOR INDUSTRI DI INDONESIA

Main Article Content

Siti Nurul Kholipah
Afiati Kurniasih

Abstract

Penurunan Perekonomian Indonesia membuat banyak pihak ekonomi terutama sektor industri menjadi sulit untuk mendapatkan modal. Modal tersebut didapatkan melalui pembiayaan. Pembiayaan biasanya berasal dari berbagai sumber pembiayaan. Pembiayaan Perbankan Syariah menjadi salah satu alternatif dan solusi terbaik untuk mendapatkan pembiayaan yang halal dan bebas bunga kepada sektor industri. Dalam proses pembiayaan ditemukan banyak faktor yang mempengaruhi pembiayaan perbankan syariah kepada sektor industri.  Faktor-faktor yang mempengaruhi pembiayaan perbankan syariah sektor industri diantaranya DPK (Dana Pihak Ketiga), Equivalent Rate Murabahah (ER_M), Angkatan Kerja industri (AKi), dan Non Performing Finance sektor industri (NPFi), Inflasi (INF) dan Pasar Uang Antar Bank Syariah (PUAS). Metodologi penelitian yang digunakan ialah regresi berganda dengan pendekatan  Ordinary Least square (OLS) menggunakan sofware SPSS 22. Berdasarkan penghitungan dan analisis penelitian diketahui bahwa adanya pengaruh INF, DPK, ER_M, NPFi, AKi dan PUAS terhadap pembiayaan perbankan syariah sektor industri. Dari hasil analisis data diketahui bahwa Faktor inflasi sangat mempengaruhi pembiayaan perbankan syariah sektor industri karena memiliki nilai lebih tinggi pada faktor utama.

Article Details

How to Cite
Kholipah, S. N., & Kurniasih, A. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH SEKTOR INDUSTRI DI INDONESIA. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 3(1), 351–364. https://doi.org/10.30997/jn.v3i1.785
Section
Articles

References

Abdullah,2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta : Aswaja Pressindo.
Brink, Pamela,2000. Langkah Dasar Dalam Perencanaan Riset Keperawatan, Jakarta : Kedokteran EGC.
Dahrani. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 2014. Analisis Mekanisme Pembiayaan Mudharabah Pada PT.Bank BNI Syariah Kantor Cabang Medan. Medan.
Direktorat Perbankan Syariah,2015. Statistik Perbankan Syariah, Jakarta : Bank Indonesia.
Harinaldi,2005. Prinsip-prinsip Statistik Untuk Teknik dan Sains, Jakarta : Erlangga.
Hutasuhut, Saidun. Jurnal Sistem Teknik Industri, 2006. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Industri Non Migas Di Provinsi Sumatera Utara. Medan.
Iqbal, Muhammad. PDF 2010. Pengolahan Data dengan Regresi Linear Berganda. Bandung
Iska, Syukri, 2012. Sistem Perbankan Syariah Di Indonesia dalam Perspektif Fikih Ekonomi, Yogyakarta : Fajar Media Press.
Juanda ,2009. Ekonometrika Permodelan dan Pendugaan, Bogor : IPB Press.
Karim, Adiwarman, 2004, Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan, Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.
Karim, Adiwarman, 2008, Ekonomi Makro Islam, Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada
Kusuma, Hadri. Jurnal Kajian Bisnis dan Manajemen, 2005. Analisis Proporsi Perolehan Fee Based Income Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Indonesia (Periode 1999-2003).
Latan, 2013. Analisis Multivariat Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SPSS 20, Bandung : ALFABETA
Lesmana, Iwan. Jurnal PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek dan Sipil), 2007. Risiko Strategik, Risiko Legal. Risiko Kepatuhan Dan Risiko Reputasi Dalam Industri Perbankan Di Indonesia. Depok.
Mutamimah. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 2012. Analisis Eksternal dan Internal Dalam Menentukan Non Performing Financing Bank Umum Syariah Di Indonesia. Semarang.
Nugraha, M.Fakhri, 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembiayaan Perbankan Syariah Pada Sektor Jasa Dunia Usaha Di Indonesia. Skripsi Program Studi Ilmu Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Intitut Pertanian Bogor.
Pramesti, Getut, 2014. Kupas Tuntas Data Penelitian Dengan SPSS 22, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Samadi, 2007. Geografi 3, Depok : Image D3.
Santoso, Singgih, 2010. Seri Solusi Bisnis Berbasis IT Menggunakan SPSS Untuk Statistik Non Parametrik, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Setiadi , Pompong. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 2010, Analisis Hubungan Spread Of Interest Rate, Fee Based Income, dan Loan To Deposit Ratio dengan ROA Pada Perbankan Di Jawa Timur. Jawa Timur.
Suharyadi, 2009. Statistik Untuk Ekonomi Dan Keuangan Modern Edisi 2, Jakarta : Salemba Empat.
www.bi.go.id Maret,2016
www.bps.go.id Maret,2016
www.kemenperin.com Maret 2016