PERSEPSI MASYARAKAT KOTA BOGOR TERHADAP SKIM PEMBIAYAAN KPR SYARIAH

Main Article Content

Arief Hidayatullah
Tubagus Rifqy Thantawi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat Kota Bogor terhadap skim pembiayaan KPR pada bank syariah. Pada penelitian ini  menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan analisis metode Skala Likert dan Chi Kuadrat. Data primer diambil menggunakan metode kuesioner dengan pengambilan sampel menggunakan metode Slovin sebanyak seratus (100) sampel dari populasi masyarakat Kota Bogor. Adapun hasil dari perhitungan dengan metode Chi Kuadrat diperoleh nilai sebesar 84.100. Maka nilai dari Chi Kuadrat hitung lebih besar dari Chi Kuadrat tabel yaitu 84.100 >13.277 sehingga Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima atau dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara KPR Syariah dan KPR Konvensional berdasarkan persepsi masyarakat Kota Bogor.

Article Details

How to Cite
Hidayatullah, A., & Thantawi, T. R. (2017). PERSEPSI MASYARAKAT KOTA BOGOR TERHADAP SKIM PEMBIAYAAN KPR SYARIAH. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 3(1), 337–350. https://doi.org/10.30997/jn.v3i1.783
Section
Articles

References

Al-Mushlih, Abdullah&Ash-Shawi, Shalah.2004. Fikih Ekonomi Keuangan Islam. Jakarta: Daarul Haq
Antonio syafii, Muhammad. 1999, Bank Syariah Wacana Ulama & Cendekiawan. Jakarta: Bank Indonesia
Antonio, Syafii. 2001. Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Jakarta: Insani Press
Bilson Simomara. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Haris, Helmi.2007. Jurnal La_Riba. Pembiayaan Kepemilikan Rumah Vol. I, No. 1
Hardjono. 2008. Mudah Memiliki Rumah Lewat KPR. Jakarta: PT. Pustaka Grahatma
Herutomo, Agung. 2010. Rahasia KPR yang Disembunyikan Para banker. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Heykal, Mohamad. 2014. BINUS. Analisis Tingkat Pemahaman KPR Syariah di IndonesiaVol.5, No. 2
Karim, Adiwarman. 2007. Bank Islam: analisis fiqih dan keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Kasmir. 2013. Bank dan Lembaga Keuangan lainnya. Jakarta : Rajawali Pers
Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Penyusun, Tim. 2007. Metode Riset untuk bisnis dan manjemen. Bandung: Widyatama Utama
Peter. 2008. Jurnal Manajemen. Perbandingan Sistem KPR Konvensional dengan KPR SyariahVol.7, No.2
Rahayu, Anik. 2013. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Akuntansi Akad Musyarakah Mutanaqisah dalam Pembiayaan Kredit Pemilikan RumahVol. 2, No. 11zaq123We
Rindjin, Ketut. 2000. Pengantar Perbankan dan Lembaga Keuangan bukan Bank. Jakarta
Santoso, Budi. 2008. Profit Berlimpah dengan Investasi Tanah dan Rumah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Sarwono, Jonathan. 2010. Pintar Menulis Karya Ilmiah-Kunci Sukses dalam Menulis Ilmiah.Jakarta: CV. ANDI OFFSET
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam pemasaran). Bogor: Ghalia Indonesia
Sunaryo. 2004. Psikologi. Jakarta: Buku Kedokteran EGC
Thoha, Miftah. 2003. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta: Andi
Wilardjo, Setia Budhi. 2005. Jurnal Unimus. Analisis Permintaan Kredit Kepemilikan Rumah Vol. 2, No. 1
Yunitasari. Yunawan, Ahyar. 2006. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi. Persepsi Kualitas dan Loyalitas Merek Vol. 3, No. 2
Zuhri.2015.Akuntamsi Penghumpunan Dana Bank Syariah. Yogyakarta: Deepublish
www.bogorkota.bps.go.id di akses pada 30 Maret 2016 pukul 15.00
www.dtrp.bogorkab.go.id di akses pada 30 Maret 2016 pukul 15.00
www.bcasyariah.co.id/produk/pembiayaan/kpr-ib/ di akses pada 10 April 2016 pukul 20.00
www.bnisyariah.co.id/produk/bni-syariah-kpr-syariah di askes pada 10 April 2016 pukul 19.00