METODE PROMOSI MELALUI DIRECT SELLING DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA HOTEL
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian : (1) Untuk mengetahui bagaimana promosi melalui direct selling, dalam
meningkatkan minat konsumen menggunakan jasa hotel Grand Cempaka Puncak Bogor. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan teknik pengambilan data dan
wawancara dan observasi langsung. Keabsahan data melakukan teknik triangulasi. Teknik analis data
dalam penelitian ini yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan dari
data yang diperoleh. Promosi melalui direct selling yang baik oleh tenaga penjual yang representatif
yaitu melakukan komunikasi yang baik dengan calon konsumen, melibatkan interaksi personal
langsung antara seorang pembeli potensial dengan sales exsexutif Promotion. Pendekatan penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif Pada penelitian ini, menggunakan dua jenis informan, teknik pengumpulan data
yaitu observasi langsung secara mendalam serta wawancara langsung. Hasil Pembahasan promosi
dilakukan agar mudah sales promotion eksekutif, melakukan Penyajian produk, kecepatan (speed)
promotion, seberapa cepat agar dipahami oleh calon konsumen, Pada Proses promosi melalui direct
selling Kesimpulan Penyajian Produk Grand Cempaka Hotel tidak melakukan tahapan persiapan saat
promosi karena promosi yang dilakukan adalah promosi direct selling yaitu penjualan langsung
dengan cara komunikasi personal dengan sales dan calon pembeli, Sehingga sales mampu
mengadaptasi terhadap keadaan yang ada didalam perusahaan agar sesuai dengan kebutuhan
informasi setiap pembeli potensial. Menambah Sumber Daya Manusia (SDM) untuk divisi Sales section,
upaya divisi tersebut agar membantu saat melakukan promotion bersama sales promotion eksekutif,
agar menghasilkan
Kata kunci : Metode promosi direct selling, konsumen, hotel
meningkatkan minat konsumen menggunakan jasa hotel Grand Cempaka Puncak Bogor. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan teknik pengambilan data dan
wawancara dan observasi langsung. Keabsahan data melakukan teknik triangulasi. Teknik analis data
dalam penelitian ini yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan dari
data yang diperoleh. Promosi melalui direct selling yang baik oleh tenaga penjual yang representatif
yaitu melakukan komunikasi yang baik dengan calon konsumen, melibatkan interaksi personal
langsung antara seorang pembeli potensial dengan sales exsexutif Promotion. Pendekatan penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif Pada penelitian ini, menggunakan dua jenis informan, teknik pengumpulan data
yaitu observasi langsung secara mendalam serta wawancara langsung. Hasil Pembahasan promosi
dilakukan agar mudah sales promotion eksekutif, melakukan Penyajian produk, kecepatan (speed)
promotion, seberapa cepat agar dipahami oleh calon konsumen, Pada Proses promosi melalui direct
selling Kesimpulan Penyajian Produk Grand Cempaka Hotel tidak melakukan tahapan persiapan saat
promosi karena promosi yang dilakukan adalah promosi direct selling yaitu penjualan langsung
dengan cara komunikasi personal dengan sales dan calon pembeli, Sehingga sales mampu
mengadaptasi terhadap keadaan yang ada didalam perusahaan agar sesuai dengan kebutuhan
informasi setiap pembeli potensial. Menambah Sumber Daya Manusia (SDM) untuk divisi Sales section,
upaya divisi tersebut agar membantu saat melakukan promotion bersama sales promotion eksekutif,
agar menghasilkan
Kata kunci : Metode promosi direct selling, konsumen, hotel
Article Details
How to Cite
Hanifah, E. N., Sukarelawati, S., & Agustini, A. (2017). METODE PROMOSI MELALUI DIRECT SELLING DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA HOTEL. JURNAL KOMUNIKATIO, 3(1). https://doi.org/10.30997/jk.v3i1.849
Section
Articles
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Alma B. 2005. Manajemen Pemasaran dan Jasa. Bandung : Alafabeta.
Bagyono. 2005.Pariwisata dan Perhotelan. Bandung: Alfabeta.
David W. 2005. Startegi Pemasaran Direck Selling. Jakarta : Erlangga.
De.Wever L. 2001. Seni menggunakan direct selling dan marketing. Jakarta : PT Elex media komporindo.
Dewantri.2014. Strategi Promosi Melalui Promosi Direct Selling Cafe Burger Lover Me dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. [Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Muhamadiyah Jogja.
Dwi N. 2014. Strategi Promosi Direct Selling dalam meningkatkan hotel Horison bekasi Terhadap jumlah pengunjung. [Skripsi]. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Univeritas Islam Negeri Semarang.
Efendy OU. 2006. Ilmu komunikasi teori dan pratek. Bandung: PT. Rosdakarya.
Kotler P, kevin LK. 1999. Manajemen pemasaran Edisi 12 jilid IndeksPrintice hall. Jakarta.
Mulyana D. 2005. Ilmu Komunikasi: suatu pengantar . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rangkuti F. 2009. Startegi Promosi Komunikasi yang kereatif dan Analisis Kasus intergerty marketing comunication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata NS. 2011. Metode Penelitan Kualitatif. Bandung . ID:PT. Remaja Rosdakarya.
Suyantono D. 2015. Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Jakarta: CAPS.
Tauhuromaat M. 2015. Bauran Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Pemasang Iklan. [Skripsi]. Bandung: . Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Yasir S. 2009. Intim Dengan Pelanggan Strategi Bersaing Dengan Konsumen . Jakarta : Lembaga Penerbit Universitas Indonesia.
Yoeti OK. 2004. Strategi Pemasaran Hotel. Jakrata : Gramedia.
INTERNET
Erinta, 2013 Info Direct selling dan Hotel. Diakses pada 9 Desember 2016 (http://www.media.com.co.id/tag/pe ngerianhoteldandirectselling).
Maya, 2014 Pengertian Promosi. Diakses pada 7 Desember 2016 (http://www.shoop.back.com.co.id/ta g/pengertianpromosi). Pengertian Direct Selling. 2015. Diaskes pada 2 Desember 2016 (http://www.shoop.media.com.co.id.t ag/directderictselling.
Bagyono. 2005.Pariwisata dan Perhotelan. Bandung: Alfabeta.
David W. 2005. Startegi Pemasaran Direck Selling. Jakarta : Erlangga.
De.Wever L. 2001. Seni menggunakan direct selling dan marketing. Jakarta : PT Elex media komporindo.
Dewantri.2014. Strategi Promosi Melalui Promosi Direct Selling Cafe Burger Lover Me dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. [Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Muhamadiyah Jogja.
Dwi N. 2014. Strategi Promosi Direct Selling dalam meningkatkan hotel Horison bekasi Terhadap jumlah pengunjung. [Skripsi]. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Univeritas Islam Negeri Semarang.
Efendy OU. 2006. Ilmu komunikasi teori dan pratek. Bandung: PT. Rosdakarya.
Kotler P, kevin LK. 1999. Manajemen pemasaran Edisi 12 jilid IndeksPrintice hall. Jakarta.
Mulyana D. 2005. Ilmu Komunikasi: suatu pengantar . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rangkuti F. 2009. Startegi Promosi Komunikasi yang kereatif dan Analisis Kasus intergerty marketing comunication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata NS. 2011. Metode Penelitan Kualitatif. Bandung . ID:PT. Remaja Rosdakarya.
Suyantono D. 2015. Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Jakarta: CAPS.
Tauhuromaat M. 2015. Bauran Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Pemasang Iklan. [Skripsi]. Bandung: . Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Yasir S. 2009. Intim Dengan Pelanggan Strategi Bersaing Dengan Konsumen . Jakarta : Lembaga Penerbit Universitas Indonesia.
Yoeti OK. 2004. Strategi Pemasaran Hotel. Jakrata : Gramedia.
INTERNET
Erinta, 2013 Info Direct selling dan Hotel. Diakses pada 9 Desember 2016 (http://www.media.com.co.id/tag/pe ngerianhoteldandirectselling).
Maya, 2014 Pengertian Promosi. Diakses pada 7 Desember 2016 (http://www.shoop.back.com.co.id/ta g/pengertianpromosi). Pengertian Direct Selling. 2015. Diaskes pada 2 Desember 2016 (http://www.shoop.media.com.co.id.t ag/directderictselling.