STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MGSTV DALAM MENINGKATKAN SEGMENTASI PEMIRSA

Main Article Content

Nadya Ikadiyan
Undang Suryatna
Muh. Luthfie

Abstract

Penelitian ini memusatkan perhatian pada strategi komunikasi pemasaran MGSTV dalam meningkatkan
segmentasi pemirsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang
digunakan oleh MGSTV (PT Dian Televisi Putra Pertama) sebagai televisi lokal dalam meningkatkan
segmentasi pemirsa. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Wawancara mendalam dan
observasi secara langsung terhadap obyek yang akan diteliti. Teknik analisis data dalam penelitian ini
yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan mengambil kesimpulan dari data yang diperoleh.
Hasil Penelitian yang pertama menggunakan Segmentasi MGSTV yaitu semua usia, targeting dengan
memilih masyarakat menengah kebawah, dan MGSTV sebagai positioning-nya. Selanjutnya dalam analisis
SWOT, Strength MGSTV yaitu identitas media lokal satu-satunya di wilayah Bogor, Weakness MGSTV
adalah masyarakat belum sadar dengan tv lokal, Opportunity MGSTV adalah didukung oleh radio
dibeberapa kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah, Threat MGSTV adalah persaingan dengan TV nasional.
Kesimpulannya adalah dengan penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning dan dengan analisis SWOT,
MGSTV mampu menerapkan strategi komunikasi pemasarannya sesuai dengan prosedur media
penyiaran lokal. MGSTV dengan cara mengunggulkan program Off Air dibandingkan program Live karena
program Off Air bisa lebih berinteraksi langsung dengan masyarakat atau pemirsa dengan begitu MGSTV
bisa mengetahui masyarakat loyal atau tidak loyal. Kata loyal adalah masyarakat yang mengikuti program
acara MGSTV dari episode awal sampai akhir dan bisa membidik masyarakat yang akan di masukkan
kedalam program-program baru di MGSTV untuk menambahkan segmentasi baru.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Segmentasi Pemirsa

Article Details

How to Cite
Ikadiyan, N., Suryatna, U., & Luthfie, M. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MGSTV DALAM MENINGKATKAN SEGMENTASI PEMIRSA. JURNAL KOMUNIKATIO, 2(2). https://doi.org/10.30997/jk.v2i2.226
Section
Articles

References

Baksin, Askurifai. 2006. Jurnalistik Televisi: Teori dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Creswell, J.W. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kennedy, John. E, R Dermawan Soemanagara. 2006. Marketing Communication Taktik dan Strategi. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedi).
Miles, Matthew dan Huberman A Michael 1992. Analisis Data Kualitatif: buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UI Press.
Moleong, Lexy. J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Morissan, M.A. 2008. Manajemen Media Penyiaran (Strategi Mengelola Radio & Televisi). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siswanto, Sutojo dan kleinsteuber F. 2002. Strategi Manajemen Pemasaran. Cetakan pertama. Jakarta: Damar Mulia Pustaka