MOTIF MEDIA PEMBELAJARAN BUKU TEKS BIOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN KETERAMPILAN SISWA

Fitria Aprilia Suherman, Rita Rahmawati, Sukarelawati Sukarelawati

Abstract


Penelitian ini memusatkan perhatian pada hubungan antara media pembelajaran dengan
keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui motif media pembelajaran di SMA
Taruna Andigha dan SMA Amaliah Bogor, (2) mengetahui keterampilan siswa di SMA Taruna Andigha
dan SMA Amaliah Bogor, (3) mengetahui hubungan antara motif media pembelajaran dengan
keterampilan siswa di SMA Taruna Andigha dan SMA Amaliah Bogor. Jenis penelitian yang digunakan
adaah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)
kekuatan motif media pembelajaran adalah menimbulkan motivasi belajar siswa, metode mengajat
bervariasi, interaktif siswa dan guru, dan adanya demonstrasi termasuk pada kategori kurang baik. (2)
Keterampilan siswa dinilai berdasarkan beberapa kriteria seperti banyak gagasan, keluwesan danal
memecahkan masalah, mencetuskan gagasan asli, menguraikan ssesuatu dengan rinci, menghasilkan
karya yang bermanfaat bagi individu dan lingkungan dinilai baik, (3) kekuatan motif media
pembelajaran dengan keterampilan siswa memiliki hubungan yang tidak begitu besar.
Kata Kunci : Media komunikasi massa, media pembelajaran, keterampilan siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Komunikatio is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter