PENGARUH SOSIAL MEDIA KOMUNIKASI INTERPERSONAL IBU DAN ANAK DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR

DR Pratama, Ike Atikah Ratnamulyani, Maria Fitriah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui (1) bagaimana pengaruh sosial media komunikasi interpersonal ibu dan anak dalam membangun motivasi belajar (2) seberapa besar pengaruh sosial media komunikasi interpersonal ibu dan anak dalam membangun motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode survey dan analisis korelasional dengan bantuan kuesioner. Penelitian ini dilakukan di Villa Mutiara Lido Blok F Bogor serta sampel pada penelitian ini sebanyak 35 responden, yaitu anak dari umur 10 sampai 17 tahun, yang menggunakan Blackberry Massengger sebagai alat komunikasi dengan ibu. Penelitian ini menunjukan bahwa sosial media komunikasi interpersonal dipengaruhi oleh keterbukaan, empati, dukungan, kepositifan dan kesamaan, sementara motivasi belajar dipengaruhi oleh keberhasilan, kebutuhan, harapan, penghargaan, kegiatan dalam belajar, dan lingkungan belajar. Untuk besaran pengaruh diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,239 yang berada di level rendah, maka dapat disimpulkan bahwa korelasi diantara kedua variabel X (sosial media komunikasi interpersonal) dan variabel Y (motivasi belajar) memiliki hubungan yang rendah dan menunjukan hubungan negatif.
Kata Kunci : sosial media, komunikasi interpersonal, motivasi belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Komunikatio is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter