HUBUNGAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN SISTEM E-LEARNING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (KASUS PADA SMK WIKRAMA KOTA BOGOR)

Riandika Prayogi, Undang Suryatna, Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract


Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan secara bertahap telah
mengubah komunikasi pembelajaran konvensional ke sistem pembelajaran dengan e-learning yang
memanfaatkan jaringan internet. Penerapan sistem e-learning dalam komuniasi pembelajaran diduga
dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui
pelaksanaan komunikasi pembelajaran menggunakan sistem e-learning, (2) untuk mengetahui
motivasi belajar siswa, (3) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara komunikasi
pembelajaran menggunakan sistem e-learning dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini didesaion
menggunakan metode asosiatif. Populasi penelitian adalah siswa SMK Wikrama Kota Bogor, sampel
ditetapkan sebanyak 83 siswa dengan teknik sampling acak sederhana dan analisis data dilakukan
dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) komunikasi
pembelajaran menggunakan sistem e-learning dilaksanakan dengan metode komunikasi pembelajaran
yang bervariasi, efisien, mudah dipahami dan menarik, (2) motivasi belajar siswa dengan komunikasi
pembelajaran menggunakan sistem e-learning adalah tinggi, serta (3) terdapat hubungan yang nyata
antara komunikasi pembelajaran sistem e-learning dengan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Komunikasi Pembelajaran, E-learning, Motivasi Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Komunikatio is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter