HUBUNGAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN SISTEM E-LEARNING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (KASUS PADA SMK WIKRAMA KOTA BOGOR)

Main Article Content

Riandika Prayogi
Undang Suryatna
Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan secara bertahap telah
mengubah komunikasi pembelajaran konvensional ke sistem pembelajaran dengan e-learning yang
memanfaatkan jaringan internet. Penerapan sistem e-learning dalam komuniasi pembelajaran diduga
dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui
pelaksanaan komunikasi pembelajaran menggunakan sistem e-learning, (2) untuk mengetahui
motivasi belajar siswa, (3) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara komunikasi
pembelajaran menggunakan sistem e-learning dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini didesaion
menggunakan metode asosiatif. Populasi penelitian adalah siswa SMK Wikrama Kota Bogor, sampel
ditetapkan sebanyak 83 siswa dengan teknik sampling acak sederhana dan analisis data dilakukan
dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) komunikasi
pembelajaran menggunakan sistem e-learning dilaksanakan dengan metode komunikasi pembelajaran
yang bervariasi, efisien, mudah dipahami dan menarik, (2) motivasi belajar siswa dengan komunikasi
pembelajaran menggunakan sistem e-learning adalah tinggi, serta (3) terdapat hubungan yang nyata
antara komunikasi pembelajaran sistem e-learning dengan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Komunikasi Pembelajaran, E-learning, Motivasi Belajar.

Article Details

How to Cite
Prayogi, R., Suryatna, U., & Kusumadinata, A. A. (2017). HUBUNGAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN SISTEM E-LEARNING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (KASUS PADA SMK WIKRAMA KOTA BOGOR). JURNAL KOMUNIKATIO, 1(2). https://doi.org/10.30997/jk.v1i2.174
Section
Articles

References

Hanum, N. S. 2013. Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Study Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 3. No. 1 : 9295.
Mulyana, Deddy. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Prawiradilaga, D. S, dkk. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan E-learning. Yogyakarta: Kencana.
Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi Komunikasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi: Prespektif, Ragam dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bima Aksara. http://www.smkwikrama.net (23/03/2015 19:42).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>