HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL MARKETING DAN MEMBER DENGAN BRAND IMAGE HOTEL

Meli Qodariyyah, Sukarelawati Sukarelawati, Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk; (1) Mengkaji tentang komunikasi interpersonal oleh marketing yang dilakukan Hotel Santika Bogor pada member, (2) Mengkaji brand image Hotel Santika Bogor, (3) Mengkaji hubungan antara komunikasi interpersonal marketing dan member dengan brand image Hotel Santika Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 tamu repeater yang menginap di Hotel Santika Bogor. Populasi ini diperoleh dari database Hotel Santika Bogor, sehingga merupakan populasi finit (terbatas). Sampel yang diambil dalam penelitian ini diambil dari populasi yang telah diketahui dari database repeater (populasi finit) Hotel Santika Bogor, yaitu sebesar 50 sampel. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik jenuh atau sensus yaitu dengan mengambil seluruh populasi yang ada. Hasil perhitungan uji signifikansi diperoleh harga thitung sebesar 6,202 dan ttabel untuk kesalahan 0,05 dengan uji dua pihak, dan dk = n – 2 = 48 diperoleh 2,021. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan komunikasi interpersonal marketing dan member dengan brand image Hotel Santika Bogor. Kontribusi faktor komunikasi interpersonal marketing dan member terhadap brand image adalah 44,5% sedangkan 55,5% lainnya dipengaruhi faktor lain, seperti diferensiasi produk, penggunaan celebrity endorser, event sponshorship, brand ambassador, kepemimpinan, dan keunggulan produk.
Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Brand Image

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Komunikatio is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter