PENGARUH MENONTON TAYANGAN FTV KUASA ILAHI TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT

Main Article Content

Utri Indah Lestari
Undang Suryatna
Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Penelitian ini memfokuskan bahwa dengan  menonton tayangan FTV Kuasa Ilahi dapat merubah perilaku masyarakat. Dengan adanya tayangan tersebut masyarakat akan mengetahui hal apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan sesuai dengan syariat Islam, yang membuat masyarakat lebih intropeksi terhadap diri sendiri dan akan menjadi umat yang lebih taat kepada Tuhan-Nya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis karakteristik masyarakat terhadap tayangan FTV Kuasa Ilahi dan konten tayangan FTV Kuasa Ilahi, (2) Mengetahui pengaruh tayangan FTV kuasa ilahi terhadap perilaku menonton. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menggunakan deskriptif menunjukan bahwa (1) karakteristik masyarakat yang menonton tayangan FTV pada  kategori usia remaja dewasa, dengan pendidikan mayoritas bertaraf SMA dan frekuensi menonton menunjukan kategori sering. Sedangkan kategori konten film, alur cerita, karakter penokohan dan nilai budaya menunjukan keterpaan yang intensif dari penonton. (2) Terdapat hubungan yang kuat antara perilaku menonton tayangan FTVdengan konten tayangan.

Article Details

How to Cite
Lestari, U. I., Suryatna, U., & Kusumadinata, A. A. (2018). PENGARUH MENONTON TAYANGAN FTV KUASA ILAHI TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT. JURNAL KOMUNIKATIO, 4(1). https://doi.org/10.30997/jk.v4i1.1212
Section
Articles
Author Biography

Utri Indah Lestari

students in Sciences of Communication

References

Bahari DW, Ratnamulyani IA, Kusumadinata AA. 2017. Pengaruh Tayangan Sinetron Anak Jalanan Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Komunikatio 3(1): 1-8.
Darwanto. 2007. Televisi Sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta (ID) : Pustaka Pelajar.
Danim S. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektifitas Kelompok. Bandung (ID) : Penerbit Rineka Cipta.
Desti. S. 2005. Dampak Tayangan Film di Televisi Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Komunikologi 2 (1) : 1-7.
Effend OU. 1993. Televisi Siaran: Teori dan Praktek. Bandung (ID) : Mandar Maju.
Effend OU. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Livia P. 2014. Sikap Masyarakat Surabaya Terhadap Tayangan Talkshow @Show_Imah di Trans Tv. Jurnal E-Komunikasi 2 (1): 1-10.
Rakhmat J. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Rinawati R. 2002. Pengaruh Sinetron Terhadap Sikap Ibu-Ibu Mengenai Peran Ganda Wanita. Jurnal Mediator 3 (1) : 109-118.
Sayuti.2016. Efek Tayangan Stand Up Comedy Metro Tv Terhadap Perilaku Penonton Usia Muda di Loa Junan Kutai Kartanegara. E-Jurnal Ilmu Komunikasi 4 (3) :474-487.
Surakhmad W.1982. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Dasar dan Teknik Metodolohi Pengajaran. Bandung : Tarsito.
Sobur A. 2003. Psikologi Umum. Bandung (ID): Pustaka Setia.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung (ID): Alfabeta.
Wahyudi JB. 1996. Komunikasi Jurnalistik dalam Wawan Kusnadi, Komunikasi Massa Sebuah Analisis Media Televisi”. Jakarta (ID) : PT. Rineka Cipta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>