PENGARUH MINAT BELAJAR KETERSEDIAAN SARANA PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI DOSEN TERHADAP PEMAHAMAN PSAK KONVERGENSI

Main Article Content

Joko Marsudi
Delita Septia Gustiani

Abstract

Pemahaman PSAK Konvergensi menjadi hal penting bagi mahasiswa jurusan akuntansi untuk  membuat laporan keuangan yang sesuai dengan standar dan dapat diterima umum sehingga menghasilkan lulusan-lulusan akuntansi yang memiliki bekal ilmu pengetahuan mengenai PSAK Konvergensi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S-1 Program Studi Akuntansi Perguruan Tinggi yang berstatus aktif di Kota Bogor yaitu 571 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode proportionate stratified random sampling, dari metode tersebut dapat ditentukan jumlah sampel sebanyak 235 dengan menggunakan data primer  dan instrumen kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa S-1 Program Studi Akuntansi di Kota Bogor mayoritas perempuan yang berusia antara 21-25 tahun dengan latar belakang pendidikan sebelumnya dari jurusan IPS. Adapun hasil tanggapan mahasiswa atas Minat Belajar, Ketersediaan Sarana Pendidikan, dan Kompetensi Dosen berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap Pemahaman PSAK Konvergensi dengan kontribusi sebesar 51 persen dan Kompetensi Dosen menjadi variabel yang dominan.

Article Details

How to Cite
Marsudi, J., & Gustiani, D. S. (2018). PENGARUH MINAT BELAJAR KETERSEDIAAN SARANA PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI DOSEN TERHADAP PEMAHAMAN PSAK KONVERGENSI. JURNAL AKUNIDA, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.30997/jakd.v4i1.1388
Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat, 2015, Provinsi Jawa Barat Dalam Angka. http//jabar.bps.go.id Diakses pada 26 Februari 2017 pukul 14.09
Christiani,Yuningsih Nita, 2015, Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap International Financial Reporting Standar (IFRS), Tesis. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga
Edukasi Kompas, 2016, Lulusan Perguruan Tinggi Semakin Sulit, http://edukasi.kompas.com. Diakses pada 04 Februari 2017 pukul 15.40
E.Mulyasa, 2004, Manajemen Berbasis Sekolah, PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Ghozali, Imam, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponogoro, Semarang.
Herbert, Wilson, Loraver Tsebga, Adaeze, Ohanele, Iheanyi, Anyahara, 2013, Adoption of International Financial Reporting Standars (IFRS) Insights from Nigerian Academics and Prancitioners, Journal of Finance and Accounting, Vol 4, No 6.
Mahendra, Reza, 2013, Dampak Konvergensi PSAK ke IFRS Terhadap Arus Kas Pada PT Rimo Catur Lestari Tbk Periode 2010-2011 Dalam Pengambilan Keputusan Investasi, Penulisan Ilmiah, Program Studi Stara Satu Manajemen Program Pasca Setara Sarjana Muda, Unversitas Gunadarma, Depok.
Mukmin, M. N., & Wulansari, H. (2017). AKUNTABILITAS KINERJA AKUNTAN PENDIDIK BERDASARKAN KOMPETENSI AKUNTAN DAN ETIKA PROFESIONAL (Studi Empiris Pada Perguruan Tinggi Swasta di Bogor). JURNAL AKUNIDA, 3(2), 56–65.
Mukmin, M. N., & Gusprasetyo, G. (2017). PENGARUH INVESTASI ASET TETAP DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL PADA PT. SANSHIRO HARAPAN MAKMUR. JURNAL AKUNIDA, 3(1), 20–28.
Nugraheni, Diana dan Ardiani Ika Sulistyawati, 2012, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman IFRS Pada Mahasiswa Program Studi S-1 Akuntansi Perguruan Tinggi di Kota Semarang, Fakultas Ekonomi Universitas Semarang, Jurnal Akuntansi Vol 1, No.1, Januari, halaman 13-16.
Priyatno, Duwi, 2013, Analisis Korelasi Regresi dan Multivariate dengan SPSS, Gava Media. Yogyakarta
Riduan, 2012, Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Alfabeta. Bandung
Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta. Jakarta
Sugiyono,2011, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D), Alfabeta. Bandung
,2013, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D), Alfabeta. Bandung
Tu’u, Tulus, 2004, Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Grasindo. Jakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia, 2005, Tentang Guru dan Dosen. http://sindikker.dikti.go.id. Diakses pada 03 Maret 2017 pukul 20.24
Utami,Nadhia Riesthi Putri,2012, Pengaruh Status Perguruan Tinggi, Status Mahasiswa, Kecerdasan Emosional, dan Persepsi Mahasiswa Mengenai Kompetensi Dosen Terhadap Pemahaman IFRS Pada Mahasiswa Akuntansi Kota Semarang, Skripsi, Universitas Diponogoro, Semarang.
Wibowo, 2007, Manajemen Kinerja, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.