Jurnal Akunida

Jurnal Akunida merupakan media publikasi ilmiah yang memuat artikel-artikel di bidang akuntansi dan bisnis dengan ruang lingkup akuntansi keuangan, akuntansi biaya, akuntansi sektor publik dan sistem informasi akuntansi. jurnal ini didedikasikan untuk menumbuhkan kreasi dan petukaran ide diantara lingkungan akademisi, kalangan industri atau bisnis praktis, dan institusi pemerintah dalam bidang akuntansi.

Jurnal Akunida

Informasi

 
Belum ada informasi yang diterbitkan.
 
Lebih banyak informasi...

Vol 1, No 1 (2015): ANALISIS KONTRIBUSI DAN EFEKTIVITAS SUMBER-SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP APBD

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kontribusi dan efektivitas sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Laporan Perhitungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2006-2010. Analisis data yang digunakan adalah analisis kontribusi dan analisis efektivitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi penerimaan PAD terhadap APBD dari tahun 2006 sampai dengan 2010 rata-rata setiap tahunnya 13,55 % dan cenderung berfluktuatif dan termasuk pada kriteria kurang. Kontribusi penerimaan Dana Perimbangan terhadap APBD dari tahun 2006 sampai dengan 2010 rata-rata setiap tahunnya 75,53 %. Tingkat efektivitas penerimaan pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah, dan lain-lain PAD yang sah Kota Sukabumi pada tahun 2006 sampai dengan 2010 menunjukkan hasil yang sangat efektif . Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus Kota Sukabumi mengalami kondisi dimana target yang telah ditetapkan sesuai dengan realisasi penerimaan yaitu sebesar 100 % (efektif).

Kata Kunci : Kontribusi, Efektivitas, Sumber-sumber PAD, Dana Perimbangan, Pemerintah Daerah Kota Sukabumi

##issue.fullIssue##

##issue.viewIssueDescription## PDF

Daftar Isi

Artikel

Indra Cahya Kusuma, W Adawiyah
PDF