PERBANDINGAN POLA KEMITRAAN DAN NON KEMITRAAN PEMASARAN USAHATANI UBIKAYU DALAM PENINGKATAN KEUNTUNGAN (Kasus Kelompok Tani Nanggeleng Jaya Desa Songgom Kecamatan Gekbrong Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat)

Abdul Azis, Himmatul Miftah, Apendi Arsyad

Abstract


Pola pemasaran usahatani ubikayu dapat dilakukan melalui Pola Kemitraan dan Non Kemitraan, yang perlu dibandingkan perolehan keuntungannnya. Tujuan penelitian ini adalah
membandingkan margin margin pemasaran, farmer share dan nilai tambah. Pengumpulan data dilakukan Juli sampai Agustus 2012. Lokasi di Desa Bojongtipar Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi dan Desa Cipelang Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. Metode sampling two stage cluster simple random sampling untuk petani non kemitraan dan Sensus petani mitra. Total responden 42 orang terdiri atas 30 petani non mitra dan 12 petani mitra. Responden untuk analisis pemasaran dua orang tengkulak. Responden untuk analisis nilai tambah adalah sebanyak dua orang non mitra dan satu pabrik kemitraan. Analisis Nilai tambah digunakan metode Hayami dan dibandingkan dengan uji t. Nilai total margin pemasaran non mitra lebih tinggi daripada kemitraan, farmer share dan nilai tambah lebih besar pada usahatani kemitraan.
Kata kunci : Kemitraan, Nilai Tambah, Ubikayu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

View My Stats