Analisis Kelayakan Finansial Usahatani dan Preferensi Konsumen Pamelo (Citrus Maxima (Burm.) Merr.) (Di Desa Tambakmas Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan)

Main Article Content

Marizki Utami
Wini Nahraeni
Arti Yusdiarti

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kelayakan dari aspek finansial usahatani pamelo di Desa Tambakmas Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan dan mengetahui tingkat kesukaan terhadap atribut buah pamelo. Data dikumpulkan melalui survey terhadap 50 petani pamelo di Desa Tambakmas, 60 konsumen pamelo di Jakarta, Bogor dan Sukabumi dan 60 panelis semi terlatih yang terdiri atas dosen, staf dan mahasiswa Universitas Djuanda Bogor. Penelitian ini menggunakan analisis NPV dan metode Multiatribut Fishbein dengan menggunakan program microsoft office excel 2007 dan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai NPV usahatani pamelo ini adalah sebesar Rp 43.716.585,92. Berdasarkan tingkat kepentingan dimata konsumen yaitu atribut kandungan vitamin, dikuti oleh rasa dan juiceness. Berdasarkan tingkat kepercayaan, kandungan vitamin diikuti oleh jumlah biji dan grainess. Sikap konsumen terhadap atribut pamelo memiliki nilai 147,811 berada diantara interval 108 - 156, termasuk dalam kategori biasa. Hasil pengujian kruskal wallis pada mutu organoleptik aroma, rasa, warna dan juiceness memberikan beda signifikan (P=0,01) sehingga semua atribut berpengaruh nyata terhadap buah pamelo. Berdasarkan hasil uji organoleptik didapatkan Duku 2 memiliki keunggulan aroma, Gulung 1 memiliki keunggulan rasa dan juiceness, dan Pamelo Magetan keunggulan warna dibandingkan varietas lainnya.

Kata kunci : Kelayakan finansial usahatani, Preferensi, Pamelo

Article Details

How to Cite
Utami, M., Nahraeni, W., & Yusdiarti, A. (2017). Analisis Kelayakan Finansial Usahatani dan Preferensi Konsumen Pamelo (Citrus Maxima (Burm.) Merr.) (Di Desa Tambakmas Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan). JURNAL AGRIBISAINS, 1(2). https://doi.org/10.30997/jagi.v1i2.791
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>