Penumbuhan Karakter Berbasis Tauhid Melalui Teras Impian Di Desa Tajur

Main Article Content

Hasan Bisri
Fachrur Razi Amir
Sri Wahyuni Ulfah

Abstract

Program penumbuhan karakter berbasis tauhid melalui ‘Teras Impian’ di Desa Tajur dilatarbelakangi oleh kondisi masyarakat Kampung Parung Ponteng yang kurang memperhatikan pendidikan karakter anak-anak. Program bertujuan meningkatkan mutu karakter anak-anak dan motivasi dalam belajar. Kegiatan program terbagi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode pembelajaran menggunakan konsep belajar dan bermain. Bentuk pembelajaran berupa pemberian materi penanaman karakter, pemberian motivasi, bermain di lingkungan sekitar. Peserta program sebanyak 45 anak, terdiri dari anak prasekolah, usia SD, dan yang tidak bersekolah. Program berlangsung sebulan. Berdasarkan hasil dan evaluasi,  program ‘Teras Impian’ berhasil meningkatkan sikap sopan santun anak terhadap orang tua, teman sebaya, kemampuan membaca iqra, serta kemampuan menghapal surat-surat pendek Al-qur’an.

Kata kunci: Penumbuhan karakter, Program Teras Impian, Tauhid.

Article Details

How to Cite
Bisri, H., Amir, F. R., & Ulfah, S. W. (2021). Penumbuhan Karakter Berbasis Tauhid Melalui Teras Impian Di Desa Tajur. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.2989
Section
Articles
Author Biographies

Hasan Bisri, Universitas Djuanda

Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fachrur Razi Amir, Universitas Djuanda

Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sri Wahyuni Ulfah, Universitas Djuanda

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Al-Syaibany, O. M. A.-T. (1979). Falsafah Pendidikan Islam (I). Jakarta: Bulan Bintang.

Alzahrani, I., & Woollard, J. (2013). The Role of the Constructivist Learning Theory and Collaborative Learning Environment on Wiki Classroom, and the Relationship between Them. In 3rd International Conference For e-learning & Distance Education. Riyadh: eLi.

Bahasa, P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (IV). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Bisri, H. (2017). Penilaian Otentik: Praktis dan Mudah Menarapkan (I). Bogor: UNIDA PRESS.

Djatnita, R. (1992). Sistem Etika Islami (Akhlak Mulia). Jakarta: Pustaka Panjimas.

Fadillah. (2016). Membangun Karakter Bangsa. In Sarbaini (Ed.), Membangun Karakter Kemanusiaan, Membentuk Kepribadian Bangsa Melalui Pendidikan (I, pp. 17–40). Banjarmasin: UPT MKU Universitas Lambung Mangkurat. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Fitri, A. Z. (2012). Holistika Pemikiran Pendidikan: Upaya Membangun Manusia Berkarakter. In J. Musfah (Ed.), Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif (I, pp. 35–57). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Frye, M., Lee, A. R., LeeGate, H., Mitchell, M., Turner, G., & Vincent, V. F. (2002). Character Education Informational Handbook and Guide for Support and Implementation of the Student Citizen Act of 2001. North Carolina: Public School of North Carolina.

Hendrian, D. (2018). KPAI: Perundungan Urutan Keempat Kasus Kekerasan Anak. Retrieved from https://www.kpai.go.id/berita/kpai-perundungan-urutan-keempat-kasus-kekerasan-anak

Maradewa, R. (2019). KPAI: 67 Persen Kekerasan Bidang Pendidikan Terjadi di Jenjang SD.

Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, VI(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=o_uRpwAACAAJ

Wagiran. (2012). Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(3), 329–339.

Widiastuti, R. (2018). Hari Anak Nasional, KPAI Catat Kasus Bullying Paling Banyak. Tempo.

Yahya, K. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Pelangi Publishing. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Yaumi, M. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER: Landasan, Pilar, dan Implikasi (I). Jakarta: Kencana.

Zhang, X. (2019). An Empirical Approach and Implications for Teachers to Begin Constructivist Teaching. Open Journal of Social Sciences, 07(10), 375–386. https://doi.org/10.4236/jss.2019.710032

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan (I). Jakarta: Kencana.