EFEKTIFITAS PROMOSI DESTINASI WISATA REKREASI GUNUNG PANCAR MELALUI POSTINGAN INSTAGRAM MEDIA SOSIAL

Main Article Content

Rahmi Fauziah
Ike Atikah Ratnamulyani
Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Penggunaan media sosial belakangan menjadi banyak diminati oleh masyarakat sebagai sarana untuk berkomunikasi, seperti Instagram yang merupakan media yang sering digunakan oleh penggunanya sebagai media untuk memposting beragam gambar, pada saat ini banyak sekali pengguna instagram yang menjadikan nya sebagai salah satu media promosi. Media promosi ini juga digunakan oleh owner  di gunung pancar untuk menarik wisatawan. Dan menariknya berkembangnya sektor pariwisata alam Gunung pancar menjadi penunjang ekonomi bagii masyarakat yang ikut andil dalam pemeliharaan wisata tersebut dan khususnya penunjang ekonomi di wilayah Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui efektifitas promosi destinasi wisata rekreasi gunung pancar melalui postingan Instagram. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa promosi melalui instagram sebagai media sosial yang cenderung memiliki banyak penggunanya sehingga dirasa efektif untuk dijadikan media baru untuk melakukan promosi pemasaran.

Article Details

How to Cite
Fauziah, R., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). EFEKTIFITAS PROMOSI DESTINASI WISATA REKREASI GUNUNG PANCAR MELALUI POSTINGAN INSTAGRAM MEDIA SOSIAL. URNAL OMUNIKATIO, 4(1). https://doi.org/10.30997/jk.v4i1.1210
Section
Articles
Author Biography

Rahmi Fauziah

students in Sciences of Communication

References

Anonymous. 1993. Peluang dan Tantangan Ekspor Produk Perikanan Indonesia di Pasar Internasional pada Era PJPT II. (Makalah Seminar Nasional). Yogyakarta (ID) : University Club. UGM.
Arthur GG, Raymond FZ, 1991. Organization Theory and Design. Jakarta (ID): Universitas Terbuka.
Budiargo D. 2015. Berkomunikasi ala Net Generation. Jakarta (ID): PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.
Faisal M. 2017. Komunikasi Pemasaran Tugu Barbershop dengan Menggunakan Media Instagram. E-Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman 5 (3): 413-425.
Fatanti MN, Suyadnya IW. 2015. Beyond User Gaze: How Instagram Creates Tourism Destination Brand?. Procedia - Social and Behavioral Sciences 211: 1089–1095. Tersedia di http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.145
[KEMENPAR] Kementrian Pariwisata. 2015. Rencana strategis Kementrian Pariwisata. Diunduh 30 november 2017 di situs www.kemenpar.go.id
Kingpromosi.com. 2015. Rajanya Promosi Online Shop di Instagram. Diunduh 18 maret 2018 di situs www.kingpromosi.com.
Kriyantono R. 2012. Public Relation & Cirsis management (pendekatan critical public relation, etnografi kritis & kualitatif). Jakarta (ID): Kencana, Perdana Media Group.
Lewis BK. (2010). Social Media and Strategic Communication : Attitudes and Perceptions Among College Student. International Journal of Public Relation Society of America,Vol 04, No.3 hal: 1-23.
Mahendra B. 2017. Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Markerting Communications Garda Perdana Security 16 (156): :151 – 160.
Meolong L, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung (ID): PT. Remaja Rosdakarya
Morissan AM. 2010. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta (ID): Penerbit Kencana.
Nisrina M. 2015. Bisnis Online Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta (ID): KOBIS.
Puspitorini DA. 2016. Motif Dan Kepuasan Penggunaan Instagram (Studi Kesenjangan Antara Motif Dan Kepuasan Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2013). Surakarta (ID) : Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta :
Putri EAS. 2013. Aplikasi Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Shop (Studi Deskriptif Kualitatif Aplikasi Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Shop).[Skripsi]. Surabaya (ID) : Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
Rahmawati D. 2016. Pemilihan dan pemanfaatan instagram sebagai media komunikasi online (studi seskriptif kualitatif pada akun instagram @freezebrown). [Skripsi], Bandung (ID).Universitas Negri Sunan Kalijaga,
Sidiq A. 2017. Pemanfaatan Instagram sebagai Media Dakwah (study akun @fuadbakh) [Skripsi]. Lampung (ID): Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.
Sugiyono. 2007. Metode penelitian kualitatif . Bandung (ID): Alfabeta.
Sukmawati L. 2013. Pengaruh kinerja bauran promosi terhadap keputusan menggunakan paket outbound di Ciwangun Indah Camp (survey pada wisatawan yang memutuskan menggunakan paket outbond).[Skripsi]. Bandung (ID) : Universitas Pendidikan Indonesia Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.
Sukrillah A, Ratnamulyani IA, Kusumadinata AA. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Melalui Whatsapp Group Fei Sebagai Sarana Komunikasi. Jurnal Komunikatio 3(2): 95-104.
Sulianta F. 2014. 101 Jurus Online Paling top. Jakarta (ID) Gramedia, Elex Media Komputindo
Sutanto F. 2013. 101 Jurus Promosi Online Paling Top. Jakarta [ID]: Elex Media Komputindo.
Tampubolon M, Putri YR, Atnan N.2016.Strategi Promosi Coffee Shop Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif PadaAkun @Crematology). e-Proceeding of Management 3 (2): 2421-2432.
Widyaningrum PW. 2016. Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum MeiyuAiko Malang. Al Tijarah 2 (2): 230-257. Tersedia di http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>